Penceramah Tak Bersertifikat Bakal Ditindak Aparat Keamanan saat Berdakwah? Ini Kata Menteri Agama

- 8 September 2020, 15:21 WIB
Menteri Agama RI Fachrul Razi. //Instagram @fachrulrazi__official

GALAMEDIA - Menteri Agama Fachrul Razi menjamin aparat keamanan tidak akan menindak para penceramah yang sedang berdakwah karena alasan tidak ikut program sertifikasi penceramah.

Hal itu ia katakan untuk merespons banyak kekhawatiran dari para dai yang sewaktu-waktu bisa dibubarkan ceramahnya oleh aparat keamanan karena tak mengikuti program Kementerian Agama tersebut.

"Ada yang tanya, 'Pak, apakah ini kemudian tidak menjadi nanti ada penceramah yang tidak bersertifikat saat sedang memberikan ceramah diturunkan oleh aparat keamanan?' Saya bilang itu pasti tidak akan terjadi," kata Fachrul saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 8 September 2020.

Baca Juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Jumlah Penerimanya Terus Ditambah, Pemerintah Siapkan Rp 20,01 Triliun

Lebih lanjut, Fachrul menyatakan program tersebut bersifat sukarela dan bukan suatu kewajiban yang harus diikuti para penceramah keagamaan.

Ia juga menegaskan Kemenag tak pernah mengeluarkan instruksi bahwa dai yang boleh berceramah hanya mereka yang sudah mendapatkan sertifikat program tersebut.

"Itu tidak. Ini bersifat sukarela," kata dia.

Fachrul mengatakan program tersebut sengaja digelar agar makin banyak penceramah yang bisa memasukkan semangat kebangsaan dan ajaran keagamaan secara rahmatan lil alamin.

Ia menjelaskan nantinya ada tiga tahapan agenda yang harus dilalui penceramah dalam program tersebut. Pertama, tahapan proses penilaian atas pengembangan potensi individu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X