Gara-gara Permainan Lego, Lorca Langit Biru Ciptakan Desain Interior yang Mendunia

- 8 September 2020, 19:43 WIB
Lorca Langit Biru, desainer interior muda berbakat dengan reputasi internasional, yang karya desainnya terinspirasi permainan lego   
Lorca Langit Biru, desainer interior muda berbakat dengan reputasi internasional, yang karya desainnya terinspirasi permainan lego   /Tok Suwarto/

GALAMEDIA - Permainan lego semasa kanak-kanak, menjadikan Lorca Langit Biru yang biasa dipanggil Lorca sebagai seorang desainer interior bereputasi internasional yang karya-karyanya dipasarkan di mancanegara. Kehandalan Lorca dalam menciptakan karya desain interior yang dia beri label Store+, mendapat pengakuan dengan memenangkan kompetisi "Good Design Award 2020" di Benua Kanguru, Australia. 

Lorca yang lahir di Kota Solo 29 tahun lalu, mengungkapkan, konsep desain Store+ terinspirasi dari mainan lego yang setiap orang bisa sesuka hati merangkai blok demi blok dan membuat bentuk mainan sesuai keinginan. Dia memanfaatkan 18 potong variasi komponen lego yang diperhitungkan secara matang ukuran dan proporsinya, sebagai basis desain yang bisa dikombinasikan untuk membentuk beragam desain interior. 

Baca Juga: Heboh, Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu Cetak Uang Sendiri dan Ubah Lambang Negara

"Saya hanya menggunakan 18 variasi komponen lego sebagai desain basic. Dengan ke-18 komponen tersebut, kita bisa mengkombinasikannya desain interior mengikuti ukuran ruang, bentuk dan tata letak sesuai selera masing-masing," katanya di rumahnya Jl. Srikoyo No. 44 Kecamatan Laweyan, Solo, Selasa, 8 September 2020.

Desainer interior muda kelahiran Januari 1991 yang mengenyam pendidikan design interior di Curtin University, Perth dan lulus pada 2012 itu, menjelaskan, ide awal Store+ berasal dari riset yang dia lakukan di Australia dan kini menjadi tempat dia membuka usaha desain interior.

Saat melakukan pengamatan, dia mendapati banyak perabot di pasaran tidak memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti perabot yang desainnya diminati pelanggan  ukurannya tidak sesuai luas ruangan, atau sebaliknya ukurannya pas tapi tidak cocok secara desain.

Baca Juga: Staf Khusus Menteri BUMN Benarkan PT INTI Belum Bayar Gaji Karyawan Selama Tujuh Bulan

Pengamatan dan riset pasar yang dia lakukan di Australia itu pula, yang membuat desain interior Store+ saat ini memperoleh pasar luas di Australia. Namun Lorca menegaskan, desain interior karyanya juga cocok diaplikasikan untuk hunian di Indonesia dan negara-negara lain, karena secara desain sangat fleksibel, model desain minimalis, sangat mudah dimodifikasi dan diaplikasikan dalam berbagai konsep interior rumah.

Lorca sambil menunjukkan interior di rumahnya, yang terdiri dari beberapa bagian dan merupakan perpaduan arsitektur tradisional dan retro, menyatakan, desain karyanya memenangkan penghargaan Good Design Award 2020, kategori Product Design, Furniture and Lighting, karena dia memanfaatkan konsep yang sederhana, mudah digunakan, efisien, serta dengan sentuhan retro dan tradision Store+ mudah dimodifikasi dan bisa diaplikasikan untuk segala tipe inferior rumah, termasuk yang minimalis. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x