Beragam Inovasi Sukses Tingkatkan IDM, Jabar Kini Miliki 270 Desa Mandiri

- 9 September 2020, 15:46 WIB
Sawah di Ciptagelar: Pada tahun 2020 jumlah desa berstatus mandiri di Jabar meningkat dari 98 jadi 270. Beragam inovasi membangun desa lewat slogan Desa Juara sukses meningkatkan Capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Jawa Barat. (foto:T Bachtiar)
Sawah di Ciptagelar: Pada tahun 2020 jumlah desa berstatus mandiri di Jabar meningkat dari 98 jadi 270. Beragam inovasi membangun desa lewat slogan Desa Juara sukses meningkatkan Capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Jawa Barat. (foto:T Bachtiar) /

GALAMEDIA - Beragam inovasi membangun desa lewat slogan Desa Juara sukses meningkatkan Capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Jawa Barat.

Capain tersebut bahkan menjadi indikator penetapan status di Indonesia. Bukti nyata, terlihat dari adanya peningkatan status Desa Mandiri dari 98 desa pada 2019 menjadi 270 desa pada 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa), Bambang Tirtoyuliono di kantor DPM-Desa, Jalan Soekarno-Hatta No 466, Kota Bandung, Rabu, 9 September 2020.

Bambang menerangkan, perbaikan aspek ekonomi, infrastruktur, dan sosial menjadi domain yang penting untuk meningkatkan status desa di Jabar. Terlebih memiliki 5.312 desa yang tersebar di 18 Kabupaten dan Kota Banjar.

Baca Juga: Wagub Jabar Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

"Tahun 2020, ditetapkan bahwa jumlah desa mandiri yang ada di Jawa Barat itu 270 (desa), kemudian yang sangat tertinggal sudah tidak ada," jelas Bambang.

"Kita melakukan Bagaimana kami memperbaiki perekonomian desa, supaya potensi desa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tambah dia.

Bambang menjelaskan, berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentang IDM, terdapat 52 indikator yang menentukan status desa. Mulai dari dimensi pelayanan, kesehatan, akses pendidikan dasar, hingga keterbukaan wilayah terhadap lingkungan ekonomi.

Tak heran, lanjut Bambang, peningkatkan status desa di Jabar koheren dengan peningkatan indikator IDM.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 Ton Ubi Jalar Bandung ke Hong Kong

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x