Jet Tempur Su-30 dan J-10 China Berseliweran di Barat Daya Taiwan, Kemenhan Menyerampahi Beijing

- 9 September 2020, 22:40 WIB
Jet tempur Su-30. (PLAAF)
Jet tempur Su-30. (PLAAF) /

GALAMEDIA - Jet tempur Su-30 dan J-10 milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dilaporkan berseliweran di wilayah barat daya Taiwan.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan mengatakan jet-jet itu terlihat pada Rabu 9 September 2020 pagi waktu setempat, dan sempat memasuki zona identifikasi pertahanan udara barat daya (ADIZ) Taiwan sebelum kemudian dikejar oleh pesawat tempur mereka.

Kemenhan menyebutkan kehadiran pesawat tersebut bersamaan dengan dimulainya serangkaian uji coba rudal Taiwan. Mereka mengecam manuver China tersebut.

Baca Juga: Nella Kharisma dan Dory Harsa Akhirnya Buka-bukaan, Umumkan Telah Menikah di Depan Publik

"Apa yang dilakukan komunis China tidak hanya secara sepihak, tapi juga serius, melanggar perdamaian dan stabilitas di kawasan. Untuk ini kami sangat mengutuk tindakan mereka," kata Kemenhan Taiwan dikutip dari South China Morning Post.

Menurut informasi dari surat kabar di Taipei, Liberty Times yang mengutip seorang pengamat pesawat, jet PLA itu diketahui mendekati wilayah barat daya setidaknya sebanyak 24 kali antara pukul 07.07 dan 09.30 waktu setempat.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa jet PLA telah memasuki ADIZ pada ketinggian mulai dari 1.500 meter hingga 9.000 meter.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap III Paling Lambat Cair Hari Jumat

Sejumlah tes rudal memang tengah dilakukan di Taiwan antara pukul 5 pagi dan 7 pagi pada Rabu oleh Institut Sains dan Teknologi Chung-shan Nasional yang didanai negara.

Berdasarkan pemberitahuan dari institut, uji senjata di lepas pantai selatan, timur dan timur laut pulau itu diperkirakan dilakukan pada Kamis.

Institut Sains dan Teknologi Chung-shan Nasional menolak berkomentar atau memberikan rincian lebih lanjut tentang uji coba rudal tersebut.

Baca Juga: Soal BLT BPJS Ketenagakerjaan, Menaker Sinyalkan Ada Perusahaan Nakal

Laporan media Taiwan berspekulasi bahwa pesawat tempur PLA berusaha mengumpulkan informasi intelijen pada tes senjata, tetapi pakar pertahanan Chieh Chung percaya itu lebih merupakan unjuk kekuatan.

"Dari apa yang Kementerian Pertahanan tunjukkan, jet PLA, termasuk Su-30 dan J-10, sedang berlatih perang formasi," kata Chieh.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x