Ternyata, Jumlah Pemilih di Pilkada Kabupaten Bandung Terbanyak se-Indonesia

- 10 September 2020, 08:20 WIB
Ilustrasi Pilkada. */NET
Ilustrasi Pilkada. */NET /


GALAMEDIA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung menyebutkan Kabupaten Bandung adalah jumlah pemilih terbesar di Indonesia, yaitu mencapai 2.499.135  pemilih dari total penduduk sebanyak3.787.854 warga.

Di Indonesia itu yang akan melaksanakan Pemilukada serentak 2020 itu sebanyak 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

"TPS (tempat pemungutan suara) juga di Kabupaten Bandung paling besar di Indonesia, yaitu 6.737 TPS," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung H. Iman Irianto, Rabu 9 September 2020 malam.

Baca Juga: 7 Tips Sehat Atasi Insomnia, Ketahui juga Penyebab dan Gejalanya

Ia mengatakan, sesuai dengan target nasional, dalam pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Bandung pada 9 Desember 2020 mendatang ditargetkan 77 persen. Target itu karena sebelumnya pada partisipasi Pilpres dan Pileg lalu  mencapai 82,12 persen.

Iman pun menyebutkan, jelang pelaksanaan Pilbub Bandung, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi guna mendeteksi potensi kerawanan dan  membangun koordinasi untuk mendapatkan laporan  cepat.

"Semua daerah dan kecamatan diwaspadai. Selain fokus pada sejumlah titik, juga daerah atau kecamatan yang hak pilihnya besar. Selain memantau rumah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung," kata Iman.

Baca Juga: Gara-gara Tidak Tahu Jalan, Pencuri Mobil Diciduk Saat Dikejar Polisi

Ia menjelaskan indikator keberhasilan dalam pelaksanaan Pilkada Bandung berdasarkan hasil putusan Forkopimda Kabupaten Bandung.

"Indikator itu yakni kita ingin pilkada tidak terjadi kluster baru. Itu tantangan besar, mengingat Kabupaten Bandung jumlah penduduknya besar," katanya.

Indikator keberhasilan lainnya, katanya, tingginya partisipasi pemilih. "Tidak ada ajakan apalagi upaya untuk menggaggalkan pelaksanaan pilkada. Tidak ada konflik horizontal dan minimnya pelanggaran," ungkapnya.

Baca Juga: PSBB Jakarta: Tempat Hiburan Kembali Ditutup, Restoran dan Cafe Hanya Boleh Take Away

Indikator keberhasilan lainnya, Iman mengharapkan,  pada saat kampanye paslon lebih memunculkan isu pencegahan pandemi Covid-19, selain  pendekatan medis dan ekonomi.

"Tak ada kampanye hitam. Tak ada hoaks. Selain itu efek pilkada dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Adanya pendidikan politik yang didapat masyarakat selama pelaksanaan pilkada," harapnya.

Ia juga berharap media dapat mendorong partisipasi pemilih dan menjaga Pemilukada Kabupaten Bandung berlangsung aman, kondusif dan masyarakat tetap sehat.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x