Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Membludak, Hotel Berbintang Bakal Jadi Tempat Isolasi

- 10 September 2020, 20:01 WIB
ANIES Baswedan saat mengunjungi kamar hotel milik Pemprov DKI Jakarta.*
ANIES Baswedan saat mengunjungi kamar hotel milik Pemprov DKI Jakarta.* /Instagram @aniesbaswedan/

GALAMEDIA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartanto menyebutkan pemerintah bakal memanfaatkan sejumlah hotel bintang dua dan tiga menjadi tempat isolasi bagi pasien virus corona (Covid-19).

Hal itu seiring dengan membludaknya jumlah pasien di sejumlah rumah sakit, khususnya di DKI Jakarta.

"Pemerintah pusat memberi perhatian serius terhadap perkembangan situasi dan akan selalu meningkatkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan," kata Airlangga saat memberi keterangan di Graha BNPB Jakarta, Kamis 10 September 2020.

Baca Juga: MUI Keluarkan Imbauan Soal Covid-19, Masjid Raya Bandung Besok Masih Gelar Sholat Jumat?

Jadi, lanjut dia, peningkatan rumah sakit dan fasilitas kesehatan itu juga akan menggunakan fasilitas di hotel. "Termasuk memanfaatkan hotel bintang 2 dan 3 seperti yang dicontohkan di Sulawesi Selatan," tegasnya.

Di sisi lain, Airlangga mengungkapkan, pemerintah juga akan menambah dan menyiapkan ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet.

"Di mana Wisma Atlet juga mempersiapkan baik di tower 5, 6 maupun yang khusus bagi pekerja dari luar negeri itu adalah tower 7 dan 8. Dari segi jumlah bed juga terus ditingkatkan," ucap dia.

Baca Juga: Anies Baswedan Dikeroyok Sejumlah Menteri, Malah Dipuji Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19

Pada kesempatan itu, Airlangga pun mendorong agar rumah sakit yang ada di DKI Jakarta untuk melakukan relaksasi, terutama terhadap pasien positif Covid-19 yang kondisi sudah hampir sembuh.

"Terhadap pasien-pasien yang posisinya sudah hampir sembuh dan masih dalam tahap observasi. Nah itu di Wisma Atlet fasilitasnya tersedia," kata dia.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x