Sutarman Bantah Telah Mengubah Lambang Negara dan Kalimat Bhineka Tunggal Ika

- 10 September 2020, 20:04 WIB
 Ketua Paguyuban Tunggal Rahayu, Sutarman alias MR, Prof, DR, IR, H Cakraningrat, SH (Wijaya Nata Kusuma Nagara), saat menjalani pemewriksaan di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Kabuoaten Garut, Kamis 10 September 2020.
Ketua Paguyuban Tunggal Rahayu, Sutarman alias MR, Prof, DR, IR, H Cakraningrat, SH (Wijaya Nata Kusuma Nagara), saat menjalani pemewriksaan di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Kabuoaten Garut, Kamis 10 September 2020. /Agus Somantri/

GALAMEDIA- Ketua Paguyuban Tunggal Rahayu, Sutarman alias MR, Prof, DR, IR, H Cakraningrat, SH (Wijaya Nata Kusuma Nagara), membantah jika dirinya telah mengubah lambang negara Burung Garuda.

Begitu juga dengan penambahan kalimat 'Soenata Logawa' di bawah kalimat 'Bhineka Tunggal Ika' yang terletak di bagian pita. Menurutnya, ia bukannya merubah atau mengganti, akan tetapi hanya meluruskan lambang negara tersebut.  

“Jadi maaf, bukan penggantian. Kalau diganti pasti diubah, tapi dasarnya ini adalah diluruskan. Kalau secara agama itu bacaan iftitah sholat. Kalau secara kenegaraan, di masa negara dalam masa kritis, kita mengambil sikap, menelaah, dan menghayati," ujarnya di Mapolres Garut, Kamis 10 September 2020.  

Baca Juga: Yena tak Mau Ambil Pusing Soal Isu Politik Identitas yang Dihembuskan

Sutarman pun menjelaskan terkait Lambang Negara Burung Garuda yang kepalanya menghadap ke depan. Menurutnya, pada awal dibuatnya burung garuda yang sekarang menjadi lambang negara Indonesia itu memang menghadap ke depan.

"Dulu itu, asalnya kepala Garuda menghadap ke depan, dirubah sampai 3 kali pergantian. Kalau bola dunia, itu perjanjian," ucapnya.  

Sedangkan untuk penambahan kalimat 'Soenata Logawa' dibawah kalimat 'Bhineka Tunggal Ika', lanjut Sutarman, hal tersebut sesuai dengan tatanan awal, kembali pada asal.

Baca Juga: Dilarang Beroperasi, Pengusaha Spa dan Massage Minta Keadilan pada Pemkot Bandung

“Jadi kembali pada asal, susunan, nata tatanan, dari bawah ke atas kita bersatu,” katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x