Bukan Halu, Melayang di Antara Awan Heboh Penampakan Bangunan Sihir di Langit China

- 13 September 2020, 14:11 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIA - Akhir pekan ini publik Negeri Tirai Bambu dibuat riuh menyusul ramainya postingan yang menunjukkan penampakan kastil kuno di langit Kota Jihan, Provinsi Shandong.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Minggu (13 September 2020) kastil dimaksud sangat mirip dengan Hogwarts, sekolah sihir dalam buku karya J.K. Rowling, Harry Potter.

Media lokal menyebut siluet kastil Hogwarts melayang cukup lama di antara awan hingga netizen pun ramai-ramai memosting klip dan foto penampakan Hogwarts.

Salah satu yang sangat identik dari siluet bangunan Eropa kuno tersebut dengan Hogwarts adalah tiga minaret atau menara dengan ujung-ujung yang lancip.

Tak disangkal sebagai halu, sejumlah pakar menyebut munculnya Hogwarts di langit ibu kota Provinsi Shandong tersebut merupakan fenomena mirage yang dipicu cuaca.

Meski demikian netizen kadung meyakininya sebagai peristiwa mistis yang ada kaitannya dengan sekolah sihir rekaan J.K. Rowling. Komentar pun bermunculan mulai dari yang serius hingga selorohan.

"Aku baru tahu Shandong ternyata cabang dari Hogwarts..", "Sepertinya Hogwarts resmi menerima murid dari China!", "Bagaimana bisa kini muggle melihat Hogwarts..?" Demikian di antara komentar yang bermunculan.

Lalu benarkah demikian? Ternyata ada pula yang menyebut jika siluet yang muncul di langit hari Sabtu itu tak lain gedung Akademi Seni Murni Hebei yang memang memiliki kemiripan juga dengan Hogwarts.

Soal penampakannya di langit, The Paper menyebut sangat mungkin terjadi akibat mirage. Fenomena alam yang terjadi saat tingkat kelembapan udara lebih hangat dari temperatur air di bawahnya.

Sederhananya, saat matahari memancar dari suhu yang lebih dingin menuju udara yang lebih hangat, maka cahayanya akan memantulkan bayangan atau siluet di langit.

Baca Juga: Disebut Murtad setelah Menikahi Nella Kharisma, Dory Harsa Langsung Bereaksi

Siluet biasanya tidak terlalu jelas tetapi kerap menyerupai struktur bangunan sekitar. Warga percaya itu pula yang terjadi di Jinan.

Bayangan di langit yang menghebohkan kemarin diyakini merupakan bayangan dari bangunan sekitar yang berjarak 2 km. Jadi bukan Hogwarts yang melayang-layang.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x