Orang Tua Pelaku Penusukan Syek Ali Jaber Sebut Anaknya Tak Waras, Tetangga: Ah Normal Normal Aja

- 14 September 2020, 09:22 WIB
Penusuk Syekh Ali Jaber
Penusuk Syekh Ali Jaber //*Twitter/

GALAMEDIA - Orang tua pelaku penusukan Syekh Ali Jabar menyebut putranya Alfin Andrian mengalami gangguan jiwa.

Hal itu berdasarkan pengakuan ayah Alfin usai kejadian. Ia menyebut anaknya mengalami gangguan kejiwaan.

Alfin menusuk Syekh Ali Jaber saat ceramah di acara wisuda santri TPQ Masjid Falahuddin, Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Bandarlampung.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto menjelasakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu 13 September 2020 sekitar pukul 17.00 WIB.

“Pada saat itu yang bersangkutan (Ali Jaber) sedang melaksanakan program satu juta hafiz dengan metode memberikan wisuda kepada penghafal Alquran. Kemudian ceramah dan tanya jawab,” katanya, Ahad 13 September malam.

Kemudian pada saat sesi tanya jawab, Alfin datang dan langsung menyerang Syech Ali Jaber. Akibatnya, Ali Jaber mengalami luka pada bagian lengan atas tertusuk sedalam 4 cm.

“Pelaku memakai pisau dapur,” kata jenderal bintang dua ini.

Baca Juga: Tak Mau Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber Terulang, Ustadz Bachtiar Nasir Keluarkan Imbauan

Ia menyebut pelaku tinggal di dekat masjid yang dijadikan sebagai tempat acara wisuda TPQ.

“Kediaman pelaku sendiri tak jauh dari masjid tempat berlangsungnya acara. Yakni di Jalan Tamin, TkB. Jaraknya sekitar 300 meter,” jelasnya.

Ditanya mengenai modus operandi yang dilakukan pelaku, Kapolda mengatakan menurut penjelasan orang tua pelaku mengalami gangguan jiwa.

“Tetapi dari pihak kepolisian tidak percaya begitu saja menerima penjelasan ini. Sehingga dari pihak kami proaktif malam ini untuk mengundang dokter dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung,” tambahnya.

Pelaku kini tengah dilakukan observasi awal pemeriksaan. Pun direncanakan akan dibawa ke RSJ.

Baca Juga: WHO Ungkap dalam 24 Jam Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 307.930 Kasus

“Selain itu kita lakukan pemeriksaan urine kepada pelaku. Dan hasilnya negatif dan kita akan melakukan pemeriksaan di RSJ dan kedua akan memanggil psiakter dari dokter kepolisian,” ucapnya.

“Kami akan koordinasikan ke Biddokes. Saat ini dalam pendalaman oleh Reskrim. Didampingi dokter psikiatri,” jelasnya.

Tak hanya itu, hal lain yang turut disampaikan dirinya yakni bahwa dalam pemerintah menjamin para ulama untuk berdakwah.

“Tapi protokol kita lihat protokol kesehatan yang dilakukan panitia cukup baik. Cuma ada orang tidak dikenal menyerang dengan tiba-tiba. Dan syech langsung diberikan pertolongan. Dan yang bersangkutan akan membuat laporan, direncanakan besok,” kata dia.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Jadi Korban Penusukan, Jemaah Minta Ustadz Abdul Somad Dikawal Ahli Bela Diri

Ke depan pihaknya akan melakukan peningkatan pengamanan agar peristiwa ini tak terulang. “Kita tingkatkan pengamanan terbuka dan tertutup semoga penyerangan ini tidak berlanjut. Dan terus dilakukan pemeriksaan pendalaman terhadap pelaku,” ucapnya.

Ditanya terkait senjata yang digunakan pelaku, Kapolda menjelaskan bahwa pelaku membawa sebuah pisau dapur dari kediamannya. “Ini juga kita lagi dalami. Pun sama dengan motif sesungguhnya masih terus kita dalami,” kata dia.

“Karena pihak kepolisian bertanya agak kesulitan menangkapnya. Untuk proses pikir bagus tanya jawab. Tetapi isi pikirannya berbeda,” tambahnya.

Pun terkait apakah pelaku ada indikasi kelompok tertentu. “Kami dalami apakah dia terlibat atau apa masih kami dalami,” pungkasnya.

Baca Juga: Janji Perketat Penjagaan Syekh Ali Jaber, Kapolda Lampung Ungkap Kondisi Terkini

Seorang jemaah bernama Dede mengatakan, pelaku mengaku disuruh untuk menusuk Syekh Ali Jaber di bagian dada.

“Abis kejadian itu bapaknya pelaku langsung Dateng, terus bilang kalo anaknya ini agak kurang waras,” kata Dede.

“Tapi warga sekitar yang kenal sama pelaku bilangnya pelaku normal-normal aja selama ini,” ujar Dede.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x