Perlu Peran Semua Elemen Pendidikan untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Kebangsaan

- 14 September 2020, 16:39 WIB
Sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR-RI, di SMAN 9 Bandung, Jln. Suparmin, Kota Bandung, Senin, 14 September 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia)
Sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR-RI, di SMAN 9 Bandung, Jln. Suparmin, Kota Bandung, Senin, 14 September 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia) /

GALAMEDIA - Lingkungan pendidikan merupakan salah satu tempat para penerus bangsa menimba ilmu pengetahuan.

Sehingga pemahaman nilai-nilai kebangsaan juga perlu dilakukan di lingkungan tersebut, tidak hanya bagi siswa tapi juga kepada guru atau tenaga pengajar.

Hal itu disampaikan anggota MPR RI, Nurul Arifin saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR-RI, di SMAN 9 Bandung, Jln. Suparmin, Kota Bandung, Senin, 14 September 2020.

Ia hadir bersama sejumlah tokoh pendidikan Jawa Barat. Sosialisasi disampaikan kepada puluhan tenaga honorer dan administrasi dari berbagai sekolah di Kota Bandung dan Jawa Barat.

Baca Juga: Positif Covid-19 di Jakarta Makin Tinggi, Bupati Pangandaran Mengaku Degdegan

Agenda rutin MPR RI tersebut dilakukan secara daring dan menerapkan protokol kesehatan, dalam mencegah penyebaran Covid-19. Empat Pilar MPR-RI yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Empat pilar MPR RI atau konsensus dasar berbangsa dan bernegara merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk dapat berdiri kukuh dan meraih kemajuan, berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri," tutur Nurul.

Menurutnya salah satu empat konsesus dasar berbangsa dan bernegara, yaitu, Bhineka Tunggal Ika menjelaskan tentang prinsip-prinsip kehidupan demokrasi kemajemukan masyarakat

"Sehingga keberagaman ini bukan untuk dipertentangkan apalagi di adu domba antara satu hal dan lainnya, karena apabila itu terjadi akan berakibat terpecah belahnya bangsa ini," ujar dia.

Baca Juga: Imam Masjid New York Ungkap Dugaan Aktor di Balik Serangan terhadap Syekh Ali Jaber

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x