WHO Keluarkan Peringatan! Angka Kematian Akibat Covid-19 Bakal Kembali Meningkat

- 15 September 2020, 07:54 WIB
World Health Organization (WHO). *Pixabay
World Health Organization (WHO). *Pixabay /Pixabay/



GALAMEDIA - Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) kembali mengeluarkan peringatan terkait lonjakan kematian akibat virus corona (Covid-19). Disebutkan, angkanya diprediksi bakal kembali naik terutama dari Eropa.

Lembaga itu meminta benua biru mengantisipasi hal tersebut. Ini dilakukan pasca rekor angka infeksi yang dicapai akhir-akhir ini.

"Ini akan menjadi lebih sulit. Pada Oktober, November, kita akan melihat lebih banyak kematian," kata Direktur WHO Eropa Hans Kluge kepada AFP dalam sebuah wawancara, dikutip Selasa 15 September 2020.

"Covid-19 telah mengungkap kelemahan dan kekuatan masyarakat Eropa. Itu secara blak-blakan mengungkapkan realitas sistem kesehatan kita."

Baca Juga: Aktris Korea Selatan Oh In-hye Meninggal Dunia Diduga Akibat Bunuh Diri

Ia pun mengatakan pandemi 'sukses' menganggu layanan untuk penyakit tak menular. Termasuk diabetes, hipertensi, dan skrining kanker di 68% negara anggota.

Sementara itu Senin 14 September 2020, WHO melakukan pertemuan dengan 53 negara Eropa. Mereka melakukan tanggapan saat jumlah kematian akibat corona secara global kini mencapai 900 ribu lebih.

"Kita belum keluar dari masalah," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Prancis melakukan serangkaian tindakan untuk membatasi gerak publik. Hal senada juga dilakukan Inggris dengan membatasi pertemuan maksimal enam orang.

Di Italia anak-anak sudah diizinkan masuk sekolah. Namun penundaan dilakukan di beberapa kawasan bagian selatan karena persiapan yang belum matang.

Baca Juga: Duta Besar Amerika Serikat Jadi Sasaran Pembunuhan sebagai Langkah Aksi Balas Dendam

Sementara itu, Juru Bicara Vatikan mengatakan pengawasan ketat terus dilakukan ke Paus Fransiskus. Sebelumnya, ia sempat bertemu seorang kardinal yang kemudian dinyatakan positif Corona.

Di belahan dunia lain, sejumlah negara melonggarkan pembatasan sosial. Di antaranya Arab Saudi yang mulai membuka penerbangan internasional.

Selandia Baru juga melonggarkan pembatasan. Namun kota Auckland tetap dengan status pembatasan sosial skala besar (PSBB) karena angka kasus yang terus meningkat.

Dari data Worldometers, sudah 29.417.043 warga dunia terinfeksi corona. Di mana angka kematian 931.965 dan kasus sembuh 21.261.136.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x