Digitalisasi Sistem Pembayaran, BI Jabar Gandeng Pemkot Bogor Luncurkan 2.020 QRIS UMKM

- 15 September 2020, 17:40 WIB
Bank Indonesia (BI) Jabar bersama Pemkot Bogor dan Bank Mandiri, meluncurkan 2.020 QRIS UMKM di IPB International Convention Center, Kota Bogor, Selasa, 15 September 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia)
Bank Indonesia (BI) Jabar bersama Pemkot Bogor dan Bank Mandiri, meluncurkan 2.020 QRIS UMKM di IPB International Convention Center, Kota Bogor, Selasa, 15 September 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia) /

GALAMEDIA - Sebagai komitmen menerapkan digitalisasi pembayaran dengan penggunaan QRIS dalam berbagai transaksi, Bank Indonesia (BI) Jabar bersama Pemkot Bogor dan Bank Mandiri, meluncurkan 2.020 QRIS UMKM.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar, Herawanto mengatakan, program tersebut merupakan wujud komitmen penuh Pemkot Bogor untuk mengubah transaksi baik di lingkungan pemerintah maupun layanan publik, menjadi berbasis digital.

"Kota Bogor telah menerapkan elektronifikasi layanan transaksi pajak dan retribusi, serta menjadi wilayah pertama yang mengimplementasikan QRIS sebagai metode alternatif pembayaran PBB di wilayah Jawa Barat," ungkap Herawanto.

Baca Juga: Industri dan Kantor BUMN di Karawang Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Ia mengatakan hal itu kepada wartawan usai kegiatan di IPB International Convention Center, Kota Bogor, Selasa, 15 September 2020.

Menurutnya, berdasarkan data September 2020, telah terdapat lebih dari 964 ribu merchant di Jawa Barat yang sudah menggunakan QRIS.

Nilai tersebut mencakup 21,26 persen nasional, atau menduduki posisi pertama secara nasional.

"Dari 964 ribu merchant tersebut, 96 persen dilakukan oleh UMKM. Kota Bogor sendiri telah memiliki sekitar 65 ribu merchant QRIS atau ke-4 terbanyak di Jawa Barat," ungkapnya.

Herawanto menuturkan, program 2.020 QRIS UMKM ini sejalan dengan rekomendasi untuk memastikan kegiatan perdagangan dan industri kreatif sebagai kegiatan ekonomi utama di Kota Bogor.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x