Harap Sabar, Arab Saudi Belum Keluarkan Izin Umrah

- 15 September 2020, 22:40 WIB
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji dan umrah. /PIXABAY

GALAMEDIA - Arab Saudi hingga kini belum mengumumkan secara resmi kapan akan membuka izin penyelenggaraan umrah. Namun KJRI Jeddah terus memantau pembaharuan informasi umrah.

“Terkait Umrah belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umrah akan diumumkan secara bertahap dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemi,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, Selasa, 15 September 2020.

Menurut Endang, pihaknya akan terus memperbarui informasi Saudi terkait umrah. Hal itu termasuk mendalami maksud dari pelaksanaan umrah diumumkan secara bertahap.

Baca Juga: Lebih dari Satu Juta Pelaku UMKM Jabar Dapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro

“Apakah umrah akan dibuka untuk warga lokal terlebih dahulu atau bagaimana, ini masih kami klarifikasi,” katanya.

Menurut Endang, pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Saudi lebih pada mengumumkan pembukaan izin penerbangan dan pelabuhan setelah 1 Januari 2021.

Itu pun, seperti dilansirkan Antara, penetapan atas pencabutan izin tersebut akan di-update kembali pada 30 hari sebelum 1 Januari 2021.

Baca Juga: Anies Baswedan Tunjuk Sri Haryati Jadi Plh Sekda DKI Jakarta

Namun demikian, kata dia, Saudi memberikan pengecualian dengan mengizinkan beberapa kategori warga Saudi untuk bepergian dengan mematuhi ketentuan dan persyaratan.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x