Mekanisme Bansos Bagi Warga Lansia Harus Jelas Agar Tepat Sasaran

- 16 September 2020, 18:03 WIB
Ilustrasi program bansos.
Ilustrasi program bansos. /Piabay.com/ EmAji/

GALAMEDIA - Anggota DPRD Komisi A Kota Bandung, Kurnia Solihat meminta adanya mekanisme bantuan sosial bagi warga lanjut usia (lansia), khususnya yang kurang mampu.

Menurutnya dengan adanya mekanisme yang jelas dalam penyaluran bantuan sosial bagi lansia, maka diharapkan dapat tepat sasaran dan perlindungan sosial.

"Perlindungan sosial itu harus ada secara fisik dengan menyediakan fasilitas tempat berlindung, dan harus ada kekuatan aturannya," ujar dia di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Rabu, 16 September 2020.

Baca Juga: Innalillahi, 30 Kecamatan di Kota Bandung Kembali Menjadi Zona Merah Covid-19

"Sehingga mekanismenya jelas, baik Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS harus benar-benar siap," ungkapnya.

Dikatakannya, mekanisme bantuan sosial tersebut dapat diusulkan dalam Rencana Peraturan daerah (Raperda) Bandung Ramah Lansia.

Menurut dia, mekanisme bantuan bagi lansia non DTKS diperlukan karena musyawarah kelurahan untuk data miskin dinilai tidak update.

"Musyawarah Kelurahan kadang tidak update, seperti dengan cara apa mekanisme bantuan. Maka Itu harus ada di dalam raperda ini, agar ada upaya perlindungan pada lansia," terangnya.

Baca Juga: Terungkap! Begini Pengakuan Pelaku Penggunting Bendera Merah Putih yang Videonya Viral

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x