Akui Kalah Kuat dari China, Amerika Serikat Klaim Mampu Unggul Setelah 25 Tahun ke Depan

- 17 September 2020, 07:42 WIB
Kekuatan Angkatan Laut Amerika Serikat. (Twitter @USNavy)
Kekuatan Angkatan Laut Amerika Serikat. (Twitter @USNavy) /

GALAMEDIA - Memiliki saingan kuat, China, Amerika Serikat (AS) bakal terus berupaya meningkatkan pasukan militernya.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper mengumumkan rencana ambisius untuk memperluas Angkatan Laut AS.

Rencana tersebut sebagaimana ditulis AFP, dijuluki 'Future Forward had laid out a "game-changer"'. Angkatan Laut akan diperluas lebih dari 355 kapal dari 293 kapal saat ini.

AS pun rela menggelontorkan puluhan miliar dolar untuk semua itu. Ditargetkan di 2045, Angkatan Laut AS harus lebih unggul dari China, yang dipandang sebagai ancaman utama bagi negeri itu.

Baca Juga: China Klaim Kapalnya Berhak Masuk Laut Natuna Setelah Menyatakan Siap Perangi Seluruh Negara ASEAN

"Armada masa depan akan lebih seimbang dalam kemampuan memberi efek mematikan dari udara, laut dan bawah laut," kata Esper dalam pidatonya di Rand Corp California, Rabu 16 September 2020.

Armada kapal akan dibuat mampu bertahan dalam konflik intensitas tinggi. Esper mengatakan ini untuk memproyeksikan kekuatan dan kehadiran AS dan memberi serangan presisi pada jarak yang sangat jauh.

Misalnya kapal perang pregata berpeluru kendali. Jenis baru, ujarnya, akan dibuat "mematikan" dengan meningkatkan kemampuan bertahan dan tempur sekaligus.

Saat ini uji coba tengah dilakukan di Sea Hunter. Salah satu yang diuji adalah drone trimaran (sejenis kapal tak berawak) setinggi 40 meter, yang dapat secara mandiri menyurvei lkapal selam musuh di laut selama dua bulan sekaligus.

Baca Juga: Ngaku Darah Mendidih Tahu Syekh Ali Jaber Ditusuk, Ustadz Yahya Waloni Siap Pimpin Perangi Komunis

"Upaya ini merupakan langkah selanjutnya dalam mewujudkan armada masa depan AS ... sistem (kapal) tak berawak akan melakukan beragam fungsi perang, mulai tembakan mematikan, meletakan ranjau, hingga mengawasi musuh," jelasnya.

"Ini akan jadi perubahan besar, terkait cara kita berperang di laut, untuk tahun-tahun dan dekade mendatang."

AS dan China berkonflik di banyak hal. Mulai dari perdagangan, teknologi, Hong Kong, corona hingga Taiwan dan Laut China Selatan.

Angkatan Laut China.
Angkatan Laut China.


Di Laut China Selatan, keduanya juga terlibat ketegangan, di mana AS menentang klaim 80% wilayah perairan itu oleh China dan membantu sejumlah sekutu mengamankan wilayah seperti Filpina.

Baca Juga: Umumkan di Media, China Nyatakan Siap Berperang Lawan Negara ASEAN Bahkan Amerika Serikat

Sebelumnya dalam laporan AS, Military and Security Developments Involving the People's Republic of China yang dikutip dari website www.defense.gov, Pentagon mengklaim kekuatan militer China lebih besar dari AS.

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) sejak 2019 disebut terus membuat kemajuan dalam pembaruan angkatan bersenjatanya. China dikatakan melakukan sejumlah reformasi.

Mulai dari membangun sistem militer modern hingga memperkuat kompetensinya untuk melakukan operasi.

"Termasuk pembuatan kapal, di mana RRC (Republik Rakyat China) memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dengan kekuatan tempur keseluruhan sekitar 350 kapal dan kapal selam termasuk lebih dari 130 kombatan permukaan utama," kata laporan itu.

Data itu juga memuat bahwa ini tak sebanding dengan Angkatan Laut AS. Di mana AS hanya memiliki 293 kapal di awal 2020.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x