Jelang Pertemuan Taipei dan 'Pembuat Onar', Jet Tempur China Terus Berlalu-lalang di Wilayah Taiwan

- 17 September 2020, 11:07 WIB
Jet tempur China. (Wion)
Jet tempur China. (Wion) /

GALAMEDIA - Menjelang pertemuan ekonomi antara Taiwan dan China akhir pekan ini, dua pesawat anti-kapal selam China terbang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada Rabu 16 September 2020.

Hal tersebut diungkapkan Kementrian Pertahanan Taiwan Kamis 17 September 2020.

Taiwan berulang kali mengeluh tentang peningkatan aktivitas militer China di udara dan perairan di sekitarnya. Taipei melihat hal itu sebagai upaya Beijing untuk membuat mereka menerima kedaulatan China.

Taiwan mengatakan China melakukan latihan besar-besaran selama dua hari di lepas pantai barat daya, antara daratan Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan, yang disebut China sebagai "tindakan yang diperlukan" untuk melindungi kedaulatan mereka.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, dua pesawat anti-kapal selam China terbang di sekitar ruang udara yang sama ke barat daya, dan diberi peringatan lisan melalui radio untuk pergi.

Angkatan udara Taiwan juga memantau dua pesawat China itu, tambahnya dalam pernyataan singkat.

Pengumuman itu datang pada hari yang sama Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Ekonomi Keith Krach akan tiba di Taiwan, dalam perjalanan yang kemungkinan akan semakin membuat marah Beijing.

Ketika Menteri Kesehatan AS Alex Azar mengunjungi Taiwan bulan lalu, pejabat tingkat tertinggi AS yang datang dalam empat dekade, jet angkatan udara China dengan singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan dan dilacak oleh rudal Taiwan.

Ma Xiaoguang. (China Daily)
Ma Xiaoguang. (China Daily)

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X