DPR Minta Progres Tol Cisumdawu Dikebut Demi Kelanjutan Nasib Bandara Kertajati

- 18 September 2020, 20:50 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke BIJB di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis, 17 September 2020. (Foto : Hendra/Man/DPR) /

GALAMEDIA - Komisi V DPR RI meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta jajaran terkait untuk segera menyelesaikan proses pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan).

Ruas jalan tol itu menghubungkan Kota Bandung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Proses pembangunan tersebut apabila dipercepat diyakini akan mampu mempercepat juga mobilitas yang ada di BJB.

"Pada prinsipnya Komisi V memberikan dukungan penuh atas Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati ini agar dapat berfungsi secara optimal dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Jawa Barat," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras.

Baca Juga: Deklarasi KAMI Menuai Protes Keras, Ratusan Warga Tasikmalaya Turun ke Jalan

Ia mengatakan hal itu saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke BIJB di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis, 17 September 2020.

Untuk optimalisasi BIJB, Komisi V DPR RI memberikan perhatian pada aksesibilitas bandara dengan mendesak percepatan jalan tol agar jarak tempuh dari Bandung bisa dicapai dengan waktu 90 menit.

"Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah infrastruktur akses jalan dari dan menuju Bandung menuju Kertajati ini untuk dipercepat pembangunannya," tuturnya.

"Komisi V akan meminta pemerintah provinsi dan kabupaten serta pemerintah pusat untuk dapat segera menyelesaikan proses pembebasan lahannya dengan baik," sambung Andi Iwan menegaskan.

Baca Juga: Tawuran Maut di Pulogadung, Seorang Remaja Tewas Terkena Sabetan Senjata Tajam

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X