Taiwan Disebut Bagai Kura-kura dalam Toples, Pasukan Perang China Mengepungnya dari Empat Arah

- 19 September 2020, 20:45 WIB
Ilustrasi kapal perang China kian mendekati wilayah Taiwan.
Ilustrasi kapal perang China kian mendekati wilayah Taiwan. /

GALAMEDIA - Hari ini, Sabtu, 19 September 2020, 19 jet tempur Angkat Udara (AU) China melintasi zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Kementrian Pertahanan Taiwan menyebutkan, jumlahnya mengalami peningkat dari sehari sebelumnya. Mereka kembali menyusur di lepas pantai barat daya.

Menangapi provokasi dari Beijing itu, AU Taiwan (RCOAF) langsung merespon dan mengerahkan beberapa jet tempur dan rudal.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, mengirim 12 pesawat tempur J-16, dua pesawat tempur J-10, dua pesawat tempur J-11, dua pembom H-6 dan satu pesawat anti-kapal selam Y-8.

Baca Juga: Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini, Siap Buat Kamu Kenyang dan Kantong Hemat

Menurut peta yang disediakan kementerian, tidak ada yang mendekati daratan Taiwan atau terbang di atasnya.

"ROCAF mengerahkan pesawat jet tempur, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau aktivitas," kata kementerian tersebut dalam sebuah tweet Sabtu, 19 September 2020.

Taiwan telah mengeluhkan manuver yang berulang kali oleh pesawat-pesawat China di dekat pulau yang telah memerintah sendiri itu sepanjang tahun ini.

Militer juga secara teratur mengerahkan jet tempur F-16 dan jet tempur lainnya untuk misi pencegatan atau intersepsi.

Baca Juga: DJ Dinar Candy Jual Celana Dalam Bekas Pakai Rp50 Juta, Sosok Pria Ini yang Membelinya

Sementara itu Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) mengadakan latihan berorientasi pertempuran bersama di Selat Taiwan yang disengketakan sambil mendekati pulau itu dari "empat arah".

Langkah tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas kunjungan diplomat top Amerika Keith Krach ke Taiwan. PLAAF juga melakukan latihan udara dan menerbangkan pembomnya ke dekat pulau itu dan menyusup ke wilayah udara Republik China (Taiwan), yang mendorong Taipei untuk mengacak pencegatnya dan menyiapkan misil antipesawatnya.

Menyebut latihan PLA untuk membuat Taiwan terlihat seperti "kura-kura dalam toples", media pemerintah China memperingatkan bahwa latihan ini dapat berubah menjadi "tindakan nyata" kapan saja jika para separatis Taiwan bersikeras pada sikap tidak senonoh mereka.

Namun, Beijing juga tahu tentang dampak serius jika latihan ini benar-benar menjadi nyata saat seorang diplomat top AS hadir di Taiwan.

Baca Juga: LSI Denny JA Salah Prediksi, Fadli Zon: Tak Ada Koreksi, Tak Minta Maaf, Apalagi Membubarkan Diri

Selama konferensi pers pada hari Jumat, Juru Bicara PLA Kolonel Ren Guoqiang berkata, “PLA memiliki kemauan yang kuat, kepercayaan penuh dan kemampuan yang cukup untuk mengalahkan semua kekuatan luar yang mengganggu pertanyaan Taiwan atau melakukan tindakan separatis untuk melindungi kedaulatan dan integritas nasional.”

Sebelumnya pada Agustus, delegasi AS yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Alex Azar juga mengunjungi Taiwan.

"Selain mengirim Krach untuk mengunjungi Taiwan pada hari Kamis untuk menghadiri upacara peringatan mantan pemimpin regional Taiwan Lee Teng-hui, AS telah meningkatkan provokasinya untuk mencoba mendorong kembali garis bawah China pada" pertanyaan Taiwan "dalam beberapa hari terakhir,” sebut Global Times.

Baca Juga: [Update] Hari Ini Kasus Covid-19 Kembali Pecahkan Rekor, Total Pasien Positif Mencapai 240.687 Orang

Seorang ahli yang berbasis di Beijing menyatakan bahwa “Ketika teknologi dan kartu perang perdagangan tidak berfungsi untuk mereka, AS cenderung memainkan kartu Taiwan dan provokasi saat ini menunjukkan bahwa mereka masih bertahan di tepi untuk menerobos kebijakan satu China.”

“AS ingin Taiwan bermain sebagai salah satu pengawalnya di Samudra Pasifik, dan pulau itu juga harus membayar untuk mempersenjatai dirinya. Sebenarnya AS memperlakukan pulau itu tidak lebih dari tisu toilet dan tidak segan-segan membuangnya untuk kepentingannya sendiri,” ungkapnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x