Wilayah Ini Bakal Alami Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggal dan Waktunya

- 20 September 2020, 07:10 WIB
Ilustrasi akibat kulminasi matahari. (ilmugeografi.com)
Ilustrasi akibat kulminasi matahari. (ilmugeografi.com) /

GALAMEDIA - Kulminasi utama matahari atau disebut sebagai hari tanpa bayangan akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kulminasi kemungkinan besar akan dialami oleh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri menjelaskan, kulminasi utama merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi dengan deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat.

Baca Juga: Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini, Siap Buat Kamu Kenyang dan Kantong Hemat

Selain itu pada saat matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat, bayangan benda yang tegak seakan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

"Maka banyak yang menyebutkan bahwa hari kulminasi utama itu dikenal sebagai hari tanpa bayangan," terang dia, Minggu 20 September 2020.

Fenomena hari tanpa bayangan hanya terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya pun tidak jauh saat matahari berada di khatulistiwa.

Menurut dia, hal itu terjadi karena mengingat posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator.

"Hari tanpa bayangan biasanya terjadi pada tengah hari, di saat itu matahari tepat berada 90 derajat di atas benda atau badan kita," tambahnya.

Baca Juga: Ahok Sebut Kadrun Bakal Demo, Ustadz Tengku Zulkarnain: Maksud Ente yang Kemarin Bela Al-Qur'an?

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x