20 September 2020, Dua Tahun Oded dan Yana Memimpin Kota Bandung

- 20 September 2020, 07:12 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (kanan). (foto: Humas Kota Bandung)** /

GALAMEDIA - Sejak berdiri pada 25 September 1810, ternyata Bandung baru resmi berstatus gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz pada 1 April 1906.

Sejak ditetapkannya Bandung menjadi gemeente (kota) pada tahun 1906, Kota Bandung sudah memiliki 27 pemimpin.

Wali Kota Bandung yang pertama dijabat oleh E.A. Maurenbrecher. Ia hanya menjabat satu tahun. Berikutnya yaitu dijabat oleh R.E. Krijboom. Lalu silih berganti sejumlah tokoh memimpin Bandung. Hingga saat ini akhirnya dipimpin oleh Oded M. Danial.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Inggris, Manchester United Gigit Jari di Laga Perdana

Tahukah anda jika Oded merupakan Wali Kota Bandung ketiga sejak era Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dipilih langsung oleh warganya?

Dalam siaran pers yang diterima galamedia, Oded merupakan wali kota ketiga setelah Dada Rosada (2008-2013) dan Ridwan Kamil (2013-2018).

Pada 2008, Dada Rosada terpilih kembali untuk periode keduanya setelah mencalonkan diri pada pilkada tahun 2008 dan menang suara secara mutlak.

Baca Juga: Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini, Siap Buat Kamu Kenyang dan Kantong Hemat

Sedangkan pada Pilkada 2013, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Oded M. Danial memperoleh suara terbanyak. Saat itu, pasangan Ridwan Kamil – Oded Muhammad Danial (RIDO) unggul dari tujuh pasangan lainnya dengan meraih 45,24% suara.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X