Heboh Wabah Penyakit Baru di China, Efeknya Bisa Menyebabkan Kecacatan

- 20 September 2020, 09:59 WIB
Bakteri Barucella/doktersehat
Bakteri Barucella/doktersehat /

GALAMEDIA - China lagi-lagi menjadi sorotan. Setelah virus corona, wabah penyakit baru disebut datang dari Negeri Tirai Bambu.

Penyakit tersebut bernama Brucellosis. Penyakit ini merupakan infeksi bakteri yang menyerang hewan ternak, namun kini mulai menyebar ke manusia.

Laporan terbaru menyebutkan ada 3.245 warga China terinfeksi wabah penyakit itu. Diterangkan dalam laman WebMD, Brucellosis biasanya disebarkan oleh sapi yang sudah terkontaminasi.

Baca Juga: Rajin Bela Jokowi, Elite Gerindra Ini Akhirnya Disingkirkan

Tak cuma itu, hewan ternak seperti babi, domba, kambing, bahkan unta juga bisa terinfeksi bakteri ini dan menularkan manusia. Penelitian tebaru menemukan bakteri Brucella ada di hewan laut seperti di anjing laut.

Masyarakat, khususnya di Indonesia, perlu tahu tentang gejala dari penyakit tersebut. Menurut apa yang terjadi di China, orang yang terkena penyakit itu akan memiliki gejala menyerupai flu.

Bakteri yang menyerang tubuh akan dengan cepat bereaksi. Tubuh akan mulai mengalami demam dengan suhu di atas 37 derajat celsius yang biasanya terjadi saat sore hari.

Tak cuma itu, orang yang terserang bakteri juga akan mengalami sakit punggung, sakit dan nyeri di seluruh badan, hingga nafsu makan hilang dan terjadi penurunan berat badan.

Baca Juga: China Kepung Taiwan, Xi Jinping Perintahkan Belasan Pesawat Tempur Keluar Kandang

"Sakit kepala, keringat malam, lelah, sakit perut, dan batuk. Gejala biasanya muncul dalam lima hingga 30 hari setelah tubuh Anda terkontaminasi bakteri," jelas laporan tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x