Mantan PM Kanada John Turner Tutup Usia

- 20 September 2020, 10:08 WIB
John Turner.
John Turner. /

GALAMEDIA - Mantan Perdana Menteri Kanada John Turner, yang menjabat hanya 11 pekan, meninggal dunia pada Sabtu dalam usia 91 tahun.

Ia memimpin Partai Liberalnya mengalami kekalahan elektoral besar-besaran pada 1984. Turner menggantikan Pierre Trudeau pada akhir Juni 1984 pada satu masa ketika para pemilih semakin lelah dengan kaum Liberal, yang telah berkuasa selama 20 dari 21 tahun sebelumnya.

Sebelum menjadi PM, dia memegang jabatan menteri keuangan dan kehakiman. PM Kanada saat ini Justin Trudeau, putra Pierre, menyampaikan belasungkawa dan menyebut Turner seorang pria bersahaja dengan suara hati sosial yang kuat.

Baca Juga: Heboh Wabah Penyakit Baru di China, Efeknya Bisa Menyebabkan Kecacatan

"Sumbangannya kepada Kanada tak akan dilupakan," kata Trudeau dalam pernyataan.

Pada 1984, Turner menyerukan pemilihan umum pada September dan kemudian memimpin atas apa yang banyak pengamat politik anggap sebagai salah satu kampanye terburuk dalam sejarah Kanada, yang dirusak oleh serangkaian kesalahan.

Satu titik balik terjadi saat perdebatan di televisi ketika Turner, saat berdebat dengan , pemimpin Partai Konservatif Brian Mulroney, mengatakan dia tak punya pilihan kecuali menyetujui penunjukan yang diusulkan Trudeau sebelum dia meninggalkan jabatan.

Baca Juga: Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini, Siap Buat Kamu Kenyang dan Kantong Hemat

Turner, yang terdidik sebagai seorang pengacara, menjabat sebagai menteri keuangan dari 1972 hingga 1975 tapi mundur di tengah perselisihan soal kebijakan dengan Trudeau.

Dilansir Antara, dia kembali ke profesi hukum selama 9 tahun sebelum memenangi kepemimpinan Partai Liberal pada Juni 1994.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x