Tak Mau jadi Klaster Baru, Warga Kampung Cilimus Hideung Cibatu Minta Kampungnya Diterapkan PSBM

- 21 September 2020, 15:27 WIB
Ilustrasi virus corona. (Getty Images/iStockphoto)
Ilustrasi virus corona. (Getty Images/iStockphoto) /

GALAMEDIA- Warga Kampung Cilimus Hideung, Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di kampungnya, mengingat ada 4 orang warga yang dinyatakan positif Covid-19.

Salah seorang warga Kampung tersebut, Budi Hermawan (39) mengatakan, warga merasa khawatir jadi klaster penyebaran Covid-19 besar kalau tidak dilakukan PSBM, karena tiga orang terakhir yang dinyatakan terkonfirmasi positif banyak berinteraksi dengan warga lainnya.

"Termasik juga dengan warga dari luar kampung dan aparat pemerintah kecamatan," ujarnya, Senin 21 September 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Enggan Ikuti Saran PBNU dan Muhammadiyah, Kapolri Terbitkan Maklumat

Budi menyebutkan, kasus Covid-19 pertama menimpa satu orang warganya pada 8 September 2020 lalu yaitu KC-97. Sehari kemudian, 54 orang warga yang diduga melakukan kontak erat dengannya dilakukan test swab. Namun, mereka yang di test swab tidak diberi tahu harus mengisolasi diri sebelum hasil test keluar.

Makanya, menurut Budi, mereka yang telah menjalani swab tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk menghadiri hajatan pernikahan di rumah salah satu warga pada 13 September 2020 dan menghadiri pengurusan dan prosesi pemakaman seorang tokoh agama yang meninggal di kampungnya pada 15 September 2020.

“Tanggal 17 September sore, dari 45 orang warga yang di swab, tiga di antaranya dinyatakan positif Covid-19, yaitu KC-146, KC-147, KC-148 dan langsung dijemput untuk dikarantina malam harinya oleh pihak rumah sakit,” ucapnya.

Baca Juga: Tak Mau Nurut PBNU dan Muhammadiyah, Presiden Jokowi Nyatakan Pilkada Serentak 2020 Terus Berlanjut!

Sehari kemudian, lanjut Budi, petugas kesehatan kembali melakukan tracing terhadap mereka yang melakukan kontak erat terhadap tiga warga yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x