Forum Pengurangan Risiko Bencana Ajak Masyarakat Melek Bencana

- 21 September 2020, 15:56 WIB
Forum Peduli Bencana /Engkos Kosasih/

GALAMEDIA - Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan sosialisasi pengurangan risiko bencana desa yang melibatkan sejumlah pihak di lingkungan desa.

Sosialisasi untuk menumbuhkan peran masyarakat desa dalam mitigasi bencana itu dilaksanakan di Desa Drawati Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, Senin 21 September 2020.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Bandung, Wewen Mulyadi mengatakan pelaksanaan sosialisasi dan mitigasi bencana berbasis masyarakat itu bertujuan untuk menumbuhkan peran masyarakat desa dalam mitigasi bencana.

Baca Juga: Waduh, APBD Kabupaten Bandung Barat Alami Defisit Rp 1 Triliun

"Ini dalam upaya mengingatkan masyarakat bahwa bencana itu mengintai kita," kata Wewen kepada Galamedia di Desa Drawati, Senin siang.

Untuk itu, sambung Wewen, forum mendorong masyarakat supaya melek bencana, baik itu bencana banjir, longsor, gempa bumi dan hal lainnya.

"Tidak hanya masyarakat yang harus melek bencana, tetapi pemerintahan desa, akademisi, pengusaha dan media juga harus sinergis dalam mitigasi bencana. Di sini yang disebut pentahelix," katanya.

Baca Juga: Anya Geraldine: Berbaliklah Jika Kau Lelah dan Ingin Mengeluh, Aku Rumahmu!

Wewen juga berharap terkait dengan pelaksanaan sosialisasi itu, di Desa Drawati ada Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa untuk bisa memetakan kerentanan bencana di desa tersebut.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X