BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Pancaroba

- 22 September 2020, 11:26 WIB
Logo BMKG /BMKG

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem selama pancaroba ini. Apalagi disejumlah wilayah kini sudah terjadi hujan lebat.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan pers, Selasa 22 September 2020, menuturkan, hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi).

Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini, akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat.

Baca Juga: Ternyata Donor Plasma Darah Banyak Manfaatnya, Tapi Ketahui juga Efek Sampingnya

Karena itu BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem dengan skala waktu per tiga jam untuk wilayah Jawa Barat, sebelum terjadinya banjir bandang di Sukabumi dan Kabupaten Bogor pada Senin 21 September 2020.

BMKG juga mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020, diprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-November 2020.

Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, yaitu kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Baca Juga: Bahrain Klaim Kesepakatan dengan Israel untuk Ciptakan Kedamaian

Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.***

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X