Peringati HJKB ke-210, Wali Kota Bandung ziarah ke Makam Bupati Bandung Terdahulu

- 22 September 2020, 17:14 WIB
Ziarah ke Makam Bupati Bandung, Dalem Kaum
Ziarah ke Makam Bupati Bandung, Dalem Kaum /Rio Rizky Batee/

GALAMEDIA - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melakukan ziarah ke makam Bupati Bandung terdahulu. Kegiatan tersebut, dalam memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-210.

Pada ziarah tesebut, juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Ade Supriadi, serta istri Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung.

Oded beserta rombongan berjalan kaki dari Pendopo Kota Bandung. Ziarah pertama yaitu ke makam Raden Adipati Aria (R.A.A.) Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Kaum (1794-1829). Dalem Kaum memiliki nama asli Indradireja.

Baca Juga: Youth Inspiraction Camp 2020: Berbagi Kebermanfaatan Melalui Lahan Hijau Depan Rumah

Di makam yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum tersebut, juga terdapat makam Nyi Rd. Kendran, Bupati Bandung XV, Rd. Tumenggung Male Wiranatakusumah, dan Penghulu Kabupaten Bandung Rd. Moch Soleh.

Perjalanan dilanjutkan ke lokasi kedua berada di Jalan Karang Anyar, yang tidak jauh dari lokasi pertama dengan berjalan kaki.

Makam yang kedua diziarahi adalah makam Rd. Tumenggung Wiranatakusumah III (1829-1846) atau yang berjuluk Dalem Karang Anyar. Di sana juga terdapat makam Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Baca Juga: Dituding Gebrak Kap Mesin Lamborghini Setahun yang Lalu, Dua Pria Dihadapkan ke Meja Hijau

Saat memimpin ziarah, Oded berharap kepada seluruh yang hadir untuk memaknai prosesi ziarah ini, sebagai pengingat kepada yang masih hidup untuk melanjutkan perjuangan para pemimpin terdahulu.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x