Pengungsian Korban Banjir Jakarta Berpotensi Jadi Tempat Penyebaran Covid-19

- 23 September 2020, 08:05 WIB
Warga Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan mengungsi di GOR Pengadegan mengantisipasi luapan Kali Ciliwung seiring meningkatnya status siaga banjir Bendung Katulampa, Selasa (22/9/2020). ANTARA/HO-Camat Pancoran /

GALAMEDIA - Untuk menangani pengungsi banjir di Jakarta saat pandemi COVID-19, lokasi-lokasi pengungsian disiapkan dua kali lipat demi menjaga jarak aman.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang biasa akrab disapa Riza, di tengah pendemi seperti ini penanganan musibah banjir perlu siasat berbeda. Sebab tempat pengungsian sangat berpotensi jadi terpat penyebaran COVID-19.

"Kami sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat karena ini masa pandemi COVID," ujar Riza di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

Baca Juga: Dianggap Bahayakan Kesehatan Pengikutnya, Rusia Tangkap Pimpinan Sekte Gereja

Riza menyebut, protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 juga akan diterapkan di tempat pengungsian. Selain menjaga jarak, warga harus menggunakan masker dan menjaga kebersihan.

"Jadi kita tetap memperhatikan protokol COVID kemudian juga jajaran kami sudah siap," ujarnya seperti dilansirkan Antara.

Seperti diketahui, akibat bendungan Katulampa berstatus siaga 1 Senin, 21 september 2020 malam, Pemprov DKI Jakarta langsung bersiaga.

Baca Juga: Kasus Terus Meningkat, Israel Nyatakan Status Darurat Covid-19

Alat berat sudah disiagakan untuk mengangkut sampah di sungai dan waduk agar bisa mengalirkan air dengan lancar.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X