Soal Palestina, Jokowi Bahas Dasasila Bandung Dalam Sidang Majelis Umum PBB

- 23 September 2020, 09:27 WIB
Ilustrasi dukungan ke Palestina. /Pikiran Rakyat

GALAMEDIA - Pada Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955, tokoh bangsa Indonesia Soekarno menekankan persamaan drajat yang menghasilkan Dasasila Bandung. Sayangnya, Israel kini masih tetap menjajah Palestina.

Presiden RI Joko Widodo sendiri menganggap, hingga kini prinsip Dasasila Bandung masih sangat relevan. Termasuk dalam penyelesaian perselisihan secara damai, kemajuan kerjasama, dan penghormatan terhadap hukum Internasional.

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya," ujar Presiden Jokowi saat membacakan pidato dalam Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa 23 September 2020.

Baca Juga: Ini Syarat Masker Sesuai SNI Seperti yang Ditetapkan Badan Standardisasi Nasional

Jokowi mengungkapkan, Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan haknya.

Tak hanya itu, Indonesia bersama negara ASEAN lainnya terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera.

"Pada hari jadinya yang ke 53, pada 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan," ujarnya seprti dilansirkan pikiran-rakyat.com berjudul "Bahas Dasasila Bandung pada Sidang Umum PBB, Jokowi: Palestina hingga Kini Belum Nikmati Kemerdekaan"

Baca Juga: Ibadah Umrah Kembali Diperbolehkan, Seperti Ini Kuota yang Diberikan Arab Saudi

"Spirit kerjasama dan perdamaian inilah yang mendorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas kawasan Indo Pasifik melalui ASEAN Outlook on di Indo Pasifik," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X