Kreativitas Warga Kampung Namicalung Desa Bojong, Rubah Lahan Jarian jadi Taman Namicalung

- 23 September 2020, 14:37 WIB
/

GALAMEDIA - Sejumlah warga di lingkungan Kampung Namicalung RW 05 Desa Bojong, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung memanfaatkan lahan yang tidak produktif menjadi sebuah kegiatan edukasi seni dan budaya.

Sebelumnya, lokasi yang berada di bawah tower saluran udara tegang ektra tinggi (Sutet) dan sekitarnya itu, warga setempat menyebutnya "jarian".

Namun kali ini melalui tangan kreatif dan kepedulian sejumlah warga setempat, telah menjadikan lahan yang sebelumnya jarian itu menjadi Taman Namicalung yang indah dan menarik, sehingga warga yang berkunjung bentah menikmati keindahan di kawasan taman tersebut.

Pemberian nama Taman Namicalung itu merupakan perubahan nama dari sebelumnya bernama Taman Bojong Sadulur. Nama tersebut untuk memudahkan warga asal luar kampung berkunjung ke Sanggar Budaya dan Perpustakaan yang ada di lingkungan taman tersebut. Mengingat lokasi Taman Namicalung itu sekitar 70-100 meter dari Jalan Raya Panyadap, selain tempatnya berada di antara permukiman penduduk, dan lahan pertanian padi.

Baca Juga: Kupas Tuntas Soal Komunis, Profesor Salim Said Ingatkan PKI Pandai Menyusup

Warga setempat, Dadan yang turut andil dalam penataan lingkungan yang sebelumnya kumuh menjadi Taman Namicalung itu membutuhkan waktu selama setahun, dengan melibatkan warga setempat.

"Penataan Taman Namicalung ini secara swadaya, baik tenaga, pikiran maupun anggarannya," kata Dadan.

Pada awal penataan taman, warga membuat dapur karuhun, kemudian ke penataan bangunan lainnya. Mulai dari bangunan tempat ngopi (ngobrol olah pikiran), yang bisa difungsikan pula menjadi panggung, juga membangun saung yang terbuat dari bambu dengan atap ilalang yang sudah dikeringkan. Saung tersebut bisa digunakan untuk tempat resepsi atau pertemuan warga setempat.

"Karena ada kehadiran mahasiswa dari Universitas Islam Bandung, turut membantu pembuatan Sanggar Literasi atau perpustakaan dengan menyiapkan berbagai buku bacaan untuk anak-anak sekolah maupun masyarakat umum yang berkunjung ke sanggar tersebut," tutur Dadan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x