Kasus Virus Corona Terus Melonjak, Ini Janji Jenderal Penanganan Covid-19 Indonesia

- 23 September 2020, 21:45 WIB
Luhut Binsar Panjaitan
Luhut Binsar Panjaitan /


GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjanjikan formula penanganan pandemi Covid-19 yang mulai dia terapkan akan terlihat hasilnya dalam satu pekan hingga 10 hari ke depan.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Luhut untuk menangani pandemi Covid-19 di sembilan provinsi dengan kasus terbanyak di Indonesia.

"Kita sudah ketemu bentuknya (formula penanganan) dan sudah mulai kerjakan. Dalam satu minggu atau 10 hari ke depan akan kelihatan hasilnya, kata Luhut dalam acara Mata Najwa yang disiarkan langsung di stasiun televisi Trans 7, Rabu malam 23 September 2020.

Baca Juga: Besok Agenda Pemeriksaan Kasus Obat Covid-19, Hadi Pranoto Hari Ini Sudah Datangi Penyidik

Tak hanya itu, Luhut yakin formula yang kini tengah dia kerjakan itu akan membuahkan hasil yang maksimal dalam waktu kurang lebih tiga bulan. Waktu tiga bulan ini juga dia sebut sebagai masa-masa krisis penanganan.

"Tiga bulan ke depan akan baik, sampai vaksin sudah disuntikkan Desember ke rakyat," kata Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menegaskan penunjukannya oleh Jokowi untuk menangani Covid-19 ini adalah hal biasa.

"Ndak ada yang berbeda. Itu biasa, seperti di operasi militer juga itu biasa tunjuk orang dalam menangani sesuatu," kata dia, yang punya pangkat terakhir di militer sebagai bintang empat itu.

Baca Juga: Ilmuwan Klaim Temukan Jejak Kaki Manusia Arab Pertama

Luhut juga mengaku kerap melapor hasil penanganan dan apa yang tengah dia kerjakan kepada Menteri Koordinator lain yang juga telah ditunjuk menangani pandemi sebelum dirinya. Lagi pula, kata Luhut, saat ini tak ada organisasi baru. Dia hanya ditunjuk untuk mempertajam penanganan yang sebelumnya telah dilakukan.

Diberitakan sebelumnya, penunjukan Luhut sebagai pemimpin penanganan pandemi di sembilan provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak menuai kritik.

Pasalnya, Luhut bukan berlatar belakang bidang kesehatan. Selain itu, Presiden Jokowi mestinya membenahi sistem layanan kesehatan publik alih-alih hanya menunjuk seseorang.

Baca Juga: Sampaikan 3 Tuntutan, Ini Isi Surat Presidium KAMI Gatot Nurmantyo kepada Presiden Jokowi

Sementara itu jumlah total pasien positif virus corona (Covid-19) di Indonesia telah mencapai 257.388 orang per har ini, Rabu, 23 September 2020.

Hari jumlah pasien Covid-19 bertambah 4.465 orang dari hari sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 187.958 orang dinyatakan telah sembuh dan 9.977 orang meninggal dunia. Data tersebut ditampilkan dalam laman resmi Kementerian Kesehatan, https://www.kemkes.go.id.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x