Pertama dalam 77 Tahun, Bebaskan 20 Lapangan Bola dari Ranjau Tikus Dianugerahi Penghargaan Perang

- 25 September 2020, 13:52 WIB
DailyMail /

GALAMEDIA - Seekor tikus dianugerahi penghargaan  yang setara dengan George Cross di Inggris berkat keberaniannya menyelamatkan nyawa mahkluk hidup.

Tepatnya tikus yang dianggap bak pahlawan perang tadi membebaskan belasan ribu hektare lahan dari ranjau darat.

Adalah Magawa, tikus raksasa Afrika yang berhasil menemukan 39 ranjau darat dan 28 persenjataan mematikan lainnya di area seluas puluhan lapangan bola di Kamboja.

Dilatih organisasi amal APOPO yang mengkhususkan diri melatih hewan untuk mendeteksi ranjau darat dan tuberkulosis pada manusia, Magawa bukan tikus sembarangan.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Jumat (25 September 2020) Magawa dianggap sebagai pahlawan paling sukses dari dunia hewan. Ia membersihkan lebih dari 141.000 meter persegi lahan atau setara 20 lapangan sepak bola dari ranjau.

Magawa dianugerahi miniatur Medali Emas PDSA khusus hewan yang setara dengan George Cross. Ia juga menjadi tikus pertama dalam 77 tahun sejarah PDSA yang menerima penghargaan prestisius.

Christophe Cox, kepala eksekutif APOPO kepada PA mengatakan, “Penghargaan ini suatu kehormatan. Kami APOPO bekerja selama lebih dari 20 tahun, terutama pelatih hewan yang setiap pagi melatih.”

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X