Vladimir Putin Bakal Bersaing dengan Donald Trump untuk Memperebutkan Hadiah Nobel Perdamaian

- 25 September 2020, 15:01 WIB
Presiden AS Donald Trump tengah berbincang-bincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. /

GALAMEDIA - Pemimpin Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah bergabung dengan Presiden AS Donald Trump sebagai kandidat kuda hitam untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021.

Menurut Newsweek, kantor berita milik negara Rusia Tass membuat pengumuman dan bersikeras bahwa pemerintah Rusia tidak bertanggung jawab untuk mencalonkan orang kuatnya sendiri.

Sekelompok tokoh publik Rusia termasuk penulis Sergey Komkov dilaporkan berada di balik pencalonan Putin. Tidak jelas apa yang membuat mantan agen KGB ini bisa dinominasikan.

Komite Nobel tidak mengungkapkan nominasinya, tetapi Komkov mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA Novosti bahwa pengajuannya telah diterima oleh para pejabat di Oslo, Norwegia, pada 10 September.

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny. /Independent
Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny. /Independent

Saingan Putin, Alexei Navalny, yang minggu ini meninggalkan rumah sakit Berlin tempat ia memulihkan diri dari upaya pembunuhan yang diduga menggunakan racun novichok era Soviet, juga dilaporkan dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian oleh para profesor di Rusia.

Kremlin telah menyatakan keraguannya atas dugaan keracunan, meskipun ada desakan dari NATO dan pejabat Jerman bahwa agen saraf yang dikonsumsi oleh aktivis antikorupsi tersebut digunakan selama penerbangan dari Siberia ke Moskow.

Presiden Trump belum mengakui temuan itu, malah menyarankan dunia mengalihkan perhatiannya pada apa yang terjadi di China.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Terawan: Harus Menganggap Semua Orang Positif, Bukan Sakit

Lebih dari 300 orang dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2020, yang oleh Komite Nobel jelaskan tidak boleh disalahartikan sebagai sebuah kehormatan, dengan sendirinya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X