Disaat Pandemi Covid-19, Kopi dari Kecamatan Ibun Malah Banyak Dipesan Orang Luar

- 25 September 2020, 15:36 WIB
Kopi Akar Kamojang melanglangbuana ke berbagai daerah di saat pandemik /engkos kosasih/

GALAMEDIA - Di tengah pandemi Covid-19, para pelaku usaha dan menengah di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung masih bisa mempertahankan usahanya untuk kelangsungan ekonomi sehari-hari. Bahkan para petani atau pengusaha kopi di Kecamatan Ibun bisa memasarkan kopi hasil pertanian kopi di kecamatan tersebut hingga ke Yogyakarta.

"Sampai hari ini, para petani atau pengusaha kopi di Kecamatan Ibun masih bisa memasarkan kopi ke luar kota, di antaranya ke Yogyakarta disaat pandemi Covid-19," kata Camat Ibun Adjat Sudradjat kepada Galamedia di ruang kerjanya, Jumat 25 September 2020.

Menurutnya, untuk saat ini para petani atau pengusaha kopi di Kecamatan Ibun masih diuntungkan secara ekonomi. Salah satunya dialami petani kopi asal Kamojang bisa memasarkan kopi sebanyak 2 kwintal per Minggu.

Baca Juga: Ternyata Aglonema Mudah Ditanam dan Dirawat, Begini 10 Cara Menanam dan Merawat 'Sri Rejeki' Itu

"Dalam satu bulan itu bisa memasarkan kopi ke Yogyakarta antara tiga sampai empat kali kirim. Kopi yang dipasarkan ke Yogyakarta itu merupakan asli kopi Kamojang arabika yang disebut Akar. Selain kopi akar, di Kecamatan Ibun juga ada kopi wanoja yang produksinya sudah sangat menjanjikan dan menguntungkan secara ekonomi," tutur Adjat.

Adjat menambahkan, pertanian atau produksi kopi di Kecamatan Ibun itu menjadi salah satu unggulan sumber ekonomi masyarakat sekitar.

"Dari hasil pertanian kopi itu, secara ekonomi bisa menghasilkan yang cukup mumpuni. Hal itu bisa dilihat dari sejumlah petani yang membeli aset tanah atau barang lainnya dari hasil pertanian atau pengolahan kopi," katanya.

Baca Juga: Berpindah-pindah Bagai Kutu Loncat, Mantan Kades Kertanegla Ditangkap Kejari

Ia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini, produksi kopi di Kecamatan Ibun sangat mumpuni sehingga banyak di antara warga yang bertani kopi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X