Kim Jong-un Merasa Sangat Menyesal Telah Mengecewakan Korea Selatan

- 25 September 2020, 18:46 WIB
Kim Jong-Un
Kim Jong-Un /

GALAMEDIA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah meminta maaf atas pembunuhan seorang pejabat Korea Selatan yang tampaknya berusaha membelot, kata Seoul pada hari Jumat 25 September 2020.

Kantor kepresidenan Korea Selatan menyebutkan Kim mengirimi mereka pesan yang menyampaikan permintaan maaf, menyebut insiden itu "tidak terduga" dan "tidak menguntungkan".

Hal itu sangat tidak biasa bagi pemimpin Korea Utara untuk meminta maaf kepada tetangganya di selatan tentang masalah apa pun.

Seoul mengatakan Korea Utara membunuh pejabat Korea Selatan, membakar tubuhnya pada 24 September 2020

“Kamerad Kim Jong-un, ketua Komisi Urusan Negara, merasa sangat menyesal telah memberikan kekecewaan besar kepada Presiden Moon Jae-in dan warga Korea Selatan karena kejadian yang tidak terduga dan disayangkan terjadi pada saat Korea Selatan bergulat dengan pandemi virus corona,” Penasihat Moon Suh Hoon mengutip pesan itu.

Baca Juga: Pertama dalam 77 Tahun, Bebaskan 20 Lapangan Bola dari Ranjau Tikus Dianugerahi Penghargaan Perang

Dalam surat itu, Pyongyang juga mengakui telah menembakkan sekitar 10 tembakan ke pria itu, yang telah "secara ilegal memasuki perairan kami" dan menolak untuk mengidentifikasi dirinya dengan benar.

Pada hari Kamis kemarin, Korea Selatan menuduh Korea Utara menembak mati salah satu pegawai negaranya yang kemungkinan mencoba membelot dan membakar tubuhnya, setelah menemukannya di atas benda mengambang di perairan Korea Utara awal pekan ini.

Pejabat berusia 47 tahun, yang berafiliasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, menghilang pada hari Senin saat bertugas di kapal inspeksi di perairan lepas pulau perbatasan barat Yeonpyeong.

Baca Juga: Ramos Horta Sebut BUMN Indonesia Bunuh Sektor Swasta Timor Leste , KBRI Dili Geregetan

Ketika rekan-rekannya mencari dia setelah dia menghilang, mereka hanya menemukan sepatunya tertinggal di buritan kapal. Pencarian selama berhari-hari yang melibatkan pesawat dan kapal tidak berhasil, menurut Kementerian Pertahanan.

Ketika dia memasuki perairan Korea Utara, pejabat yang mengenakan masker gas di atas kapal menanyainya mengapa dia berada di sana pada Selasa sore. Kemudian pada hari itu, sebuah kapal angkatan laut Korea Utara datang dan menembaki dia, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Pelaut dari kapal yang mengenakan masker gas dan pakaian pelindung menuangkan bensin ke tubuhnya dan membakarnya, kata Kementerian Pertahanan, mengutip intelijen yang dikumpulkan oleh peralatan pengintai dan aset lainnya.

Laporan media Korea Selatan mengatakan bahwa pejabat yang terbunuh adalah ayah dari dua anak yang baru saja bercerai dan mengalami masalah keuangan.

Baca Juga: Resep Ayam Kecap Spesial Favorit Keluarga Ala Rumahan yang Lezat dan Bikin Ketagihan

Jenderal Robert Abrams, komandan pasukan AS di Korea Selatan, mengatakan bulan lalu bahwa Korea Utara telah menempatkan pasukan khusus di sepanjang perbatasannya dengan China untuk mencegah penyelundup keluar dan bahwa mereka memiliki "perintah tembak-untuk-membunuh" yang bertujuan untuk mencegah virus corona memasuki negara itu.

Perwira militer senior Ahn Young Ho mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa Seoul dengan keras mengutuk "tindakan kejam" Korea Utara dan mendesaknya untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab.

Pejabat tinggi kepresidenan Suh Choo-suk mengatakan dalam konferensi pers terpisah bahwa Korea Utara harus meminta maaf atas "tindakannya terhadap kemanusiaan", mengungkapkan rincian lengkap kasus tersebut dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah insiden serupa.

Baca Juga: Badan Kebijakan Fiskal: Kita Sudah Resesi!

"Untuk alasan apapun, Korea Utara tidak bisa membenarkan tentaranya menembak mati warga kami dan merusak tubuhnya, meskipun dia tidak bersenjata dan tidak ada niat untuk melawan," kata Suh.

Presiden Moon Jae-in menyebut insiden itu "mengejutkan", "tak tertahankan", dan "sangat disesalkan". Ia memerintahkan militer untuk memperkuat kesiapannya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x