Ridwan Kamil: HJKB Ke-120 Momentum Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Kesehatan Akibat Covid-19

- 25 September 2020, 19:05 WIB
/Rio Ryzki/

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, Hari Jadi Kota Bandung ke-210 dapat menjadi momentum upaya pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan akibat pandemi Covid-19. 

Menurutnya terdapat sejumlah potensi ekonomi baru di Jawa Barat berdasarkan kajian ekonomi setelah pandemi Covid-19, yang bisa juga diterapkan di Kota Bandung. 

Salah satunya, Pemerintah Provinsi Jabar akan mendorong kawasan metropolitan baru yakni Segitiga Rebana (Cirebon - Patimban - Kertajati), menjadi wadah bagi sejumlah investor yang memindahkan lokasi dari China. Sementara investor nonmanufaktur di bidang teknologi akan diarahkan ke Kota Bandung.

Baca Juga: Kerajaan Inggris Cuci Tangan, Pangeran Harry Nyesel Nurut Meghan Markle Komentar Soal Pemilu Amerika

"Jadi akan datang aliran investasi yang pindah dari Tiongkok karena Covid-19, peluang ini harus ditangkap oleh kita. Khususnya yang sifatnya inovasi teknologi, Kota Bandung harusnya bisa menangkapnya ," ungkapnya usai Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung dalam rangka HUT ke-210 Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Jumat 25 September 2020.

Dikatakannya terkait ekonomi pangan, dengan kejadian pandemi Covid-19, menyadarkan semua pihak bahwa pangan adalah sektor yang mampu bertahan dari disrupsi tersebut. Oleh karena itu, ketahanan pangan menjadi sebuah kedaruratan yang harus diantisipasi.

"Program berkebun di rumah atau urban farming menjadi sebuah urgensi. Umumnya di Jabar kita akan mengkonversi lahan-lahan menganggur menjadi ketahanan pangan yang berbasis 4.0," ujarnya. 

Baca Juga: Kim Jong-un Merasa Sangat Menyesal Telah Mengecewakan Korea Selatan

Mantan Wali Kota Bandung tersebut, menerangkan potensi ekonomi lainnya, yakni center of exellence (pusat keunggulan) bidang kesehatan, khususnya di Kota Bandung. Mengingat saat ini alat-alat kesehatan melawan pandemi Covid-19 diproduksi di Kota Bandung, mulai dari ventilator, rapid test kit, reagen PCR, Alat Pelindung Diri, hingga menjadi lokasi uji klinis vaksin Covid-19. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X