Disaat Pandemi Covid-19, Edukasi Literasi Keuangan​​ Bagi Pelaku UMKM Sangat Penting

- 25 September 2020, 19:04 WIB
ist
ist /



GALAMEDIA - Salah satu keluhan yang kerap muncul di masa pandemi Covid-19 saat ini, adalah sulitnya mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Tak sedikit yang mengeluh akibat pandemi ini. Lantaran berimbas pula terhadap kondisi keuangan pribadi, keluarga, maupun instansi perusahaan bergejolak. Kondisi seperti ini pun terasa dikalangan  pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Demikian diungkapkan Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja, Jumat, 25 September 2020. Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, kembali memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan dan juga
kewirausahaan yang ditujukan bagi para pelaku UMKM di Bandung.

Baca Juga: Kim Jong-un Merasa Sangat Menyesal Telah Mengecewakan Korea Selatan

Karena literasi ini berlangsung saat pandemi Covid-19 merebak, maka WOM Finance melaksanakan literasi ini dengan cara daring atau web seminar (webinar). Kali ini, WOM Finance mengadakan literasi keuangan bekerjasama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan mengangkat tema “Strategi Mengelola Keuangan disaat Pandemi.”

Literasi keuangan dengan cara Webinar tersebut, para peserta merupakan UMKM binaan BAZNAS yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya.

Hadir sebagai pemateri adalah financial planner, Deden Kuswanda yang menjabat juga sebagai Kepala Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, serta Christin selaku perwakilan narasumber dari WOM Finance.

Baca Juga: Sky Bridge, Fasilitas Baru Stasiun Bandung

Dia menjelaskan, program edukasi pengelolaan keuangan kepada para pelaku UMKM di Bandung ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunitas dalam mengelola keuangan sekaligus membentuk komunitas berdaya sebagai pusat kelompok masyarakat, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Misi kami yakni menciptakan nilai bersama demi kesinambungan perusahaan dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Acara tersebut digelar agar peserta dapat lebih siap dan lebih positif menerima serta beradaptasi dengan perubahan di era kenormalan baru (new normal) untuk
kehidupan lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Arief Puyuono Dukung Gatot Nurmantyo Maju di Pilpres 2024, Benarkah?

Melalui literasi keuangan ini, lanjut dia, diharapkan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang lembaga-lembaga jasa keuangan yang ada di Indonesia.

Selain di Bandung, WOM Finance juga mengadakan literasi keuangan daring ini di 6 (enam) kota lainnya, yaitu Jakarta, Lampung, Magelang, Palu, Bukittinggi dan
Boyolali.

Pihaknya mengimbau para konsumen untuk melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia seperti melalui transfer bank atau juga lewat minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart.

Baca Juga: Gunakan Pakaian Yang Menutup Aurat

Konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website www.wom.co.id.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x