Timnas Indonesia U-19 vs Bosnia: Lawan 10 Pemain, Garuda Muda Tetap Tak Berdaya

- 25 September 2020, 23:20 WIB
Timnas Indonesia U-19 Vs Bosnia di Mola TV.
Timnas Indonesia U-19 Vs Bosnia di Mola TV. /Foto: Tangkapan layar Mola TV/

GALAMEDIA - Timnas Indonesia U-19 kembali menelan kekelahan saat melakukan latih tanding. Setelah sempat melewati tiga laga beruntun tanpa kekalahan, Garuda Muda tumbang 0-1 dari Timnas Bosnia U-19.

Di tiga partai sebelumnya skuat Shin Tae-yong cukup kompetitif. Mereka bisa menahan Timnas Arab Saudi U-19 dengan skor 3-3, menang 2-1 atas Timnas Qatar U-19 dan imbang 1-1 pada pertemuan berikutnya.

Kali ini Garuda Muda harus tersungkur lagi ketika beruji coba melawan Bosnia U-19 di Stadion Igraliste NK Polet, Kroasia, Jumat 25 September 2020.

Baca Juga: Soal Potensi Tsunami 20 Meter, BMKG Beberkan Penjelasannya

Kesalahan di babak pertama membuat skuad Merah Putih gagal meraih kemenangan.

Pada partai itu, pelatih Shin Tae Yong menepati janjinya dengan melakukan rotasi dan memberi kesempatan kepada pemain lain yang belum pernah berlaga selama di Kroasia.

Erlangga Setyo, Andre Oktaviansyah, dan Jack Brown diturunkan sejak menit pertama.

Bosnia U-19 memulai laga dengan bermain sabar dan merancang serangan dari bawah, serta mengandalkan umpan silang ke kotak penalti. Crossing lawan membuat lini belakang Indonesia U-19 sempat terancam. Namun, belum menjadi gol.

Baca Juga: Ketetapan Pajak 0 Persen Mobil Digantung Pemerintah, Industri Otomotif Kian Terganggu

Selain melalui permainan terbuka, Bosnia U-19 melancarkan tekanan melalui set piece atau bola mati yang didapat dari pelanggaran. Tapi, bukan berarti pasukan Merah Putih tidak memberi perlawanan.

Pada menit ke-13 Andre mendapat peluang setelah menerima bola dari Andi Irfan. Namun, sepakannya membentur lawan dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Setelah itu, Bosnia U-19 menguasai bola lebih banyak lantaran Indonesia U-19 kerap membuang bola langsung ke depan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Titipkan Dana Banpres Rp 2,4 Juta untuk Pengusaha Kecil, Begini Cara Mengaksesnya

Itu membuat koordinasi Indonesia U-19 untuk membangun serangan pun tak berjalan dengan baik. Tidak berselang lama, Bosnia U-19 mendapat kans mencetak gol melalui Alden Suvalija lewat tendangan sudut. Namun, Erlangga selaku kiper utama bisa mengamankannya.

Tapi, petaka menimpa Indonesia U-19 di menit ke-19. Erlangga harus memungut bola dari dalam gawangnya akibat gol bunuh diri. Gol Bosnia U-19 berawal dari tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh dari sisi kiri.

Komunikasi yang kurang baik dari pertahanan Indonesia U-19 membuat tendangan bebas yang dilepaskan Ivan Basic langsung mengarah ke gawang. Komang Tri Arta Wiguna yang berupaya menghalau justru membuat bola masuk ke gawang.

Baca Juga: Sebut Timor Leste Mampu Jadi Dubai Kedua di Dunia, Terbukti Ramos Horta Mimpi di Siang Bolong

Bosnia U-19 masih terus menguasai bola meski unggul 1-0. Mereka terus meneror pertahanan Indonesia U-19. Namun, hingga wasit Igor Krizaric meniup peluit akhir babak pertama, kedudukan tidak berubah.

Pada babak kedua, Indonesia U-19 mencoba meningkatkan permainan. Namun, gol balasan yang diharapkan tidak kunjung tercipta. Upaya yang dilakukan lebih sering kandas sebelum masuk ke kotak penalti Bosnia U-19.

Indonesia U-19 mendapat kesempatan besar karena Bosnia U-19 kehilangan satu pemain setelah Amar Drina menerima kartu merah lansung lantara menyikut pemain indonesia di menit ke-63.

Baca Juga: Najwa Shihab Disebut Luhut Pandjaitan Memprovokasi, Ini Jawaban Telak yang Membuatnya Tak Berkutik

Unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia U-19 tampil lebih agresif dan melancarkan serangan lebih sering. Namun hingga laga usai tidak ada gol yang mampu dilesakkan.

Skor akhir Timnas Indonesia U-19 kalah 0-1 dari timnas Bosnia U-19.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x