WHO: 2 Juta Orang Bakal Meninggal Sebelum Vaksin Corona Digunakan

- 26 September 2020, 07:51 WIB
Pemandangan pemakaman di Jakarta saat pandemi.
Pemandangan pemakaman di Jakarta saat pandemi. /Dok. Aljazeera

GALAMEDIA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi dampak buruk dari belum digunakannya vaksin Covid-19. Sebanyak 2 juta orang di dunia, disebut WHO akan sangat mungkin meninggal dunia.

Belum digunakannya vaksin secara efektif dan meluas, akan memberi pengaruh besar. Mike Ryan, kepala kedaruratan WHO, mengatakan jumlah tersebut dapat menembus angka yang lebih tinggi tanpa aksi internasional yang terkoordinasi.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Sabtu 26 September 2020 di Trans 7. Opera Van Java Masih Jadi Favorit

Berdasarkan angka yang dihimpun Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat, jumlah kematian akibat Covid-19 per Sabtu 26September 2020 mencapai 985.748 orang.

Adapun jumlah kematian akibat Covid-19 di Indonesia hingga Jumat, 25 September 2020 telah mencapai 10.218 orang. Jumlah ini tercapai sembilan bulan setelah wabah bermula di Wuhan, China.

Mike Ryan mendesak masyarakat Eropa merenungkan apakah mereka telah menempuh langkah-langkah yang cukup untuk menghindari karantina wilayah atau lockdown.

Baca Juga: Bandung Diprediksi Diguyur Hujan dengan Angin Cukup Kencang, Catat Waktunya

Dia mempertanyakah apakah semua opsi telah diterapkan, seperti melakukan tes dan melacak kontak, karantina, isolasi, penjarakan sosial, memakai masker, serta mencuci tangan.

Sebelumnya, dilansir BBC, pemerintah ibu kota Spanyol, Madrid, menerapkan pembatasan ketat di delapan distrik yang berdampak pada satu juta penduduk.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x