Serang Indonesia di Forum Internasional, Lima Fakta Mengejutkan Vanuatu Negara Penemu Bungee Jumping

- 28 September 2020, 11:37 WIB
DailyMail /? Mail Online

Menjadi berita di Tanah Air setelah menuding Indonesia  melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masyarakat Papua di forum internasional PBB, negara kecil yang “jauh dari mana-mana” Vanuatu mendadak ramai di media.

Diplomat Indonesia sendiri menegaskan tuduhan negara Pasifik tersebut tidak berdasar dan menuntut mereka berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tanah Air.

Baca Juga: Soal Vaksin Covid-19, Presiden Jokowi Instruksikan Tuntas dalam 2 Pekan

"Memalukan negara yang satu ini (Vanuatu) terus memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat mengenai bagaimana Indonesia seharusnya bertindak atau mengatur dirinya sendiri," ujar diplomat muda Silvany Austin Pasaribu dalam rilis PJTRI, Minggu (27 September 2020).

Tapi seperti apa sebenarnya negara yang “kecil-kecil galak” ini? Ternyata ada sejumlah fakta mengejutkan dari Vanuatu, mulai dari praktik kanibalisme hingga bungee jumping yang pertama kali muncul di sini.

Apa lagi? Berikut di antaranya seperti dikompilasi Galamedia dari yts.vu:

1. Baru bebas kanibalisme tahun 1970

Sebagian besar antropolog sepakat kanibalisme di Vanuatu terakhir terjadi pada tahun 1969. Laporan Squires hingga lebih dari 50 tahun lalu, penduduk  pulau Vanuatu memiliki reputasi sebagai kanibal yang menakutkan.

Catatan tahun 1839, dua misionaris Inggris pertama yang akan dikirim dari London Missionary Society dibunuh dan menjadi korban kanibalisme di Pulau Martir yang kini dikenal sebagai Erromango.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X