Bertahun-tahun Tinggal di Rumah yang Hampir Hancur, Keluarga Usep Kini Bisi Tersenyum

- 28 September 2020, 12:52 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menggunting pita menandai serah terima rumah keluarga besar Usep, yang diperbaiki selama 80 hari, di daerah Holis Permai RT 03/RW 04, Kel. Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Senin, 28 September 2020. (Lucky M Lukman/Galamedia) /

GALAMEDIA - Selama bertahun-tahun, keluarga besar Usep tinggal di rumah dengan kondisi tak layak huni, di daerah Holis Permai RT 03/RW 04, Kel. Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung.

Selama ini, rumah itu ditinggali 4 KK dengan total penghuni sebanyak 13 orang. Mereka pun harus rela tinggal berbagi satu atap, dengan kondisi yang mengkhawatirkan.

Apalagi setiap turun hujan, mereka harus siap-siap ikut basah. Atap dari asbes yang sudah lama terpasang, tak bisa lagi melindungi. Bocor disana sini sudah menjadi pemandangan biasa.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Palu dan Donggala, 2.045 Orang Meninggal Dunia pada 28 September 2018

Belum lagi kondisi kamar mandi yang sangat jauh dari kata layak. Lantai berbalut semen pun tak bisa lagi memberikan kenyamanan.

Tapi kondisi tersebut saat ini sudah berubah total. Rumah yang berdiri di atas tanah seluas 114 meter persegi itu sudah nyaman.

Kondisi rumah sebelum diperbaiki. (Foto: Istimewa)
Kondisi rumah sebelum diperbaiki. (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Ini Dia Empat Pernyataan Silvany Austin Pasaribu yang Bikin Vanuatu KO

Perlu waktu 80 hari untuk bisa menyulap rumah yang tadinya hampir hancur menjadi bangunan yang ramah untuk penghuninya.

Setelah proposal disetujui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, proses bedah rumah pun dilakukan. Namun karena anggaran tak mencukupi, Forum Bandung Sehat (FBS) yang diketuai Umi Oded akhirnya turun tangan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X