Vanuatu Terus Usik Soal Papua, Indonesia Putuskan Asingkan Negara di Samudera Pasifik Itu

- 28 September 2020, 15:26 WIB
Negara Vanuatu. (Foto: residency-bond.eu) /

GALAMEDIA - Dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Vanuatu kembali menyinggung soal dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua. Pernyataan tersebut langsung disikat habis diplomat muda Indonesia, Silvany Austin Pasaribu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah mengatakan Indonesia akan membatasi hubungan dengan negara Vanuatu.

"Sikap Vanuatu yang tidak bersahabat menyebabkan Indonesia membatasi tingkat hubungan bilateral antarnegara," tutur Faizasyah kepada wartawan Senin 28 September 2020.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin pun mengkritik keras pernyataan Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman terkait masalah hak asasi manusia (HAM) Papua yang disampaikan dalam sidang umum PBB.

Baca Juga: Kelompok Kriminal Bersenjata Ancam Tembaki Kapal Sipil yang Melintas di Wilayah Papua

Ia menilai sikapnya tersebut tidak menghormati kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia mengaku heran dengan Vanuatu yang kerap melontarkan masalah Papua sejak tahun 2016 hingga Sidang Umum PBB tahun 2020 saat ini.

Menurut dia, jangan sampai isu yang dilontarkan merupakan sebuah pesanan atau tidak berdasar yang akan berdampak pada negara Vanuatu tersebut nantinya.

Baca Juga: Heboh Soal PKI, KH Hasan Abdullah Sahal Nyatakan Umat Islam Harus Tanggung Jawab

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X