Heboh Potensi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Ketua MPR Bambang Soesatyo Bilang Begini

- 28 September 2020, 18:52 WIB
Ilustrasi Tsunami.*
Ilustrasi Tsunami.* /Pixabay/Kellepics./

GALAMEDIA - Gelombang tsunami setinggi 20 meter diprediksi berpotensi terjadi di selatan Pulau Jawa. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo ikut bicara dan mengingatkan pemerintah daerah (Pemda).

Sebelumnya, potensi itu diungkapkan Tim Riset Institut Teknologi Bandung (ITB). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tidak panik akan hasil riset itu.

Baca Juga: Link LIVE STREAMING Liverpool vs Arsenal, Siaran Langsung Liga Inggris Dini Hari Nanti

Bamsoet, begitu ia disapa, mendesak Pemda di jalur pantai selatan pulau Jawa untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Menurutnya, intensitas komunikasi dengan warga yang berpotensi terdampak harus segera ditingkatkan.

"Semua pemerintah daerah memang harus antisipatif karena kita sudah memasuki musim hujan. Curah hujan yang tinggi sering menimbulkan masalah," ujar dia.

"Karena ada prediksi tentang potensi tsunami di pantai selatan Jawa, saya mendorong semua pemerintah daerah bersama warga setempat di wilayah itu untuk terus meningkatkan kewaspadaan," tambah Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Senin 28 September 2020.

Baca Juga: Usik Indonesia, Ini Fakta Unik Vanuatu Sebagai Negara Anti Jomblo

Politisi Partai Golkar itu mengingatkan kembali informasi soal potensi tsunami setinggi 20 meter. Menurut dia, berdasarkan kajian yang dilakukan, tsunami itu terjadi karena gerak simultan dua segmen lempeng bumi di zona megathrust selatan Jawa.

Hal itu, ujarnya, telah mendapatkan publikasi yang luas. Artinya, meski dari aspek waktu peristiwa tsunami itu belum bisa diketahui, Pemda dan masyarakat setempat harus terus meningkatkan kewaspadaan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x