Karier Militer Cemerlang, Ini Harta Kekayaan Gatot Nurmantyo

- 29 September 2020, 17:45 WIB
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. /ANTARA/Zuhdiar Laeis /



GALAMEDIA - Setelah dicopot dari jabatan Panglima TNI akibat pemutaran film G30SKI, nama mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo kembali menjadi sorotan setelah ikut dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Tidak itu saja, kini Gatot pun diperbincangkan mengenai kariernya yang gemilang di militer.

Dari berbagai sumber, karier Gatot Nurmantyo selama bertugas di militer memang terbilang sangat cemerlang. Ia merupakan lulusan Akmil angkatan tahun 1982.

Baca Juga: Yana Mulyana Pakai Harley Davidson, Mang Oded Lebih Pilih Vespa

Kariernya diawali jadi pasukan infantri di baret hijau Kostrad. Selama beberapa tahun, Gatot juga dikirim ke Papua sebagai Komandan Kodim, antara lain Dandim 1707 Merauke, kemudian Dandim 1701 Jayapura. sementara jabatan teritorial lainnya yakni Komandan Korem Suryakencana dan Panglima Kodam Brawijaya.

Karier Gatot pun terus menanjak hingga pada tahun 2010 menjadi Gubernur Akmil. Ia kemudian beranjak lagi jadi Kepala Staf TNI hingga kemudian menjadi Panglima TNI di 2015.

Lalu seberapa banyak harta Gatot yang kini sudah purnawirawan jenderal TNI?

Baca Juga: Menahan Tangis di Depan Kamera, Adegan Menggetarkan Pangeran William Bikin Publik Inggris Meleleh

Dikutip dalam artikel sindikasi Warta Ekonomi dari Viva, tercatat Gatot terakhir kali menyetor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2018 atau di akhir masa jabatannya sebagai Panglima TNI.

Total harta kekayaan yang dilaporkan Gatot yakni sebesar Rp26.683.257.860. Jumlah tersebut meningkat tajam dari laporan sebelumnya yakni saat Gatot menjabat Gubernur Akmil pada 2010.

Saat itu harta Gatot yang dilaporkannya yakni sebesar Rp7,19 miliar. Lalu berselang lima tahun kemudian atau pada tahun 2015 saat menjadi Kepala Staf TNI AD, aset yang dilaporkannya naik menjadi Rp13,9 miliar.

Baca Juga: ICW Soroti KPK, Sebut Jokowi Hingga DPR dan Pansel Gagal Cari Pemimpin yang Berintegritas

Sebagian besar harta Gatot tersebut bersumber dari nilai aset properti miliknya yang sekira Rp15,43 miliar. Dia melaporkan memiliki 17 bidang tanah dan bangunan, dan terbanyak berada di Bogor dan Jakarta. Tanah lain tersebar di berbagai daerah seperti Sukabumi, Solo, Klungkung, Depok, dan Maluku Tengah.

Untuk kendaraan, Gatot melaporkan kepemilikan atas tiga unit mobil yakni Toyota Harrier Jeep tahun 2001 dengan taksiran nilai Rp120 juta, Toyota Alphard tahun 2006 senilai Rp385 juta, dan Toyota Kijang tahun 1996 senilai Rp40 juta.

Baca Juga: Tak Peduli Gelar Bangsawan Dicabut, Meghan Markle Berambisi Jadi Presiden Perempuan Pertama Amerika

Semua aset tanah dan bangunan serta kendaraan milik Gatot dilaporkannya merupakan hasil sendiri alias bukan dari hasil warisan ataupun hibah.

Selain itu, Gatot juga melaporkan kekayaan lain berupa harta bergerak senilai Rp46 juta, kemudian kas dan setara kas dengan nilai cukup besar yakni Rp10,65 miliar. Gatot juga mengaku tidak memiliki utang. *** (Rosmayanti/Wartaekonomi.co.id)

Disclaimer:  Artikel ini merupakan hasil kerja sama Pikiran Rakyat dengan Warta Ekonomi. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x