UMKM Bumi Alumni Unpad Adakan Webinar dengan Kemnaker RI, Peserta membludak

- 30 September 2020, 08:07 WIB
Rumah Kemasan
Rumah Kemasan /istimewa



GALAMEDIA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Dirjen Bina Produktivitas menggandeng UMKM Bumi Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam pelatihan kemasan, dengan tajuk 'Kemasan cantik, Produktivitas Umkm Naik', lewat aplikasi Zoom, Senin 28 September 2020 malam.

Direktur Bina Produktivitas, Fahrurozi mengatakan produktivitas merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UMKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat.

"Tingkat produktivitas yang dicapai UMKM merupakan indikator seberapa efisien UMKM tersebut dalam mengkombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini," kata Fahrurozi dalam siaran pers yang diterima galamedia, Rabu 30 September 2020.

Baca Juga: Sejarah 30 September: 6 Jenderal Dibunuh, G30S PKI Jadi Sejarah Kelam Perjalanan Indonesia

"Agar mampu dalam melakukan persaingan diperlukan suatu strategi. salah satunya adalah packaging atau pengemasan," ucapnya.

Menurut Fahrurozi, kemasan yang baik merupakan nilai tambah bagi suatu produk. Kemasan pada produk harus memberikan kenyamanan terhadap konsumen yaitu nyaman untuk di gunakan dan disimpan."

Sementara itu, pengagas UMKM  Bumi Alumni Unpad, Dewi Tenty menyebut aspek informatif yang mampu menjelaskan produk dengan baik dan yang terakhir aspek kreativitas yaitu produk dapat membangun persepsi konsumen yakni memiliki desain grafis yang menarik.

Baca Juga: Haruskan Kibarkan Bendera Setengah Tiang pada 30 September? Berikut Aturan dan Cara Mengibarkannya

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, kata dia, nilai pasar global dari desain kemasan produk industri masih cukup besar. Pada tahun 2019, nilainya mencapai USD45,38 miliar dan akan menembus hingga USD65,41 miliar pada tahun 2026.

"Tingkat pertumbuhan produk industri tersebut, diproyeksi sebesar 5,3 persen pada periode 2021-2026. Hal ini menunjukkan besarnya peluang di sektor desain kemasan  produk industri yang dapat terus dioptimalkan di tengah tantangan kondisi global, termasuk dampak dari pandemi Covid-19," ujar Dewi.

Bahkan, tambah dia, merujuk data dari Indonesia Packaging Federation 2020, kinerja industri kemasan di Indonesia diproyeksi tumbuh dengan kisaran 6 persen pada tahun 2020 dari nilai realisasi tahun lalu sebesar Rp98,8 triliun.

Baca Juga: Dipercaya Sebagai Pertanda Gempa dan Tsunami, Mahluk Ini Memiliki Kebiasaan Bunuh Diri

Oleh karena itu, jelas Dewi, melihat pentingnya kemasan dalam menciptakan nilai tambah maka diperlukan webinar untuk meningkatkan keterampilan bagi pelaku UMKM.

Sebagai informasi, diskusi ini menampilkan 3 narasumber, yakni Detty Tatiananda, Delly Gunarsa, Citra Atrika Sari. Acara ini dipandu oleh Dewi Tenty selaku pemerhati Umkm . Selain itu, diskusi di ikuti para pelaku Umkm Alumni Unpad yang tergabung di dalam komunitas Umkm Bumi Alumni yang di inisiasi oleh Ary Zulfikar.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x