Alhamdulillah., Kurs Rupiah dan IHSG Terus Bergerak Naik Sedangkan Dolar Malah Jeblog

- 1 Oktober 2020, 09:33 WIB
/

GALAMEDIA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, 1 Oktober 2020, bergerak menguat 60 poin atau 0,4 persen menjadi Rp14.820 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.880 per dolar AS.

Begitu pun dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis dibuka menguat 29,61 poin atau 0,61 persen ke posisi 4.899,64.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 8,01 poin atau 1,09 persen ke di posisi 745,17.

Namun dilain pihak, Dolar jatuh terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena sentimen risiko membaik di tengah harapan baru untuk paket stimulus lanjutan yang dapat membantu meringankan penderitaan ekonomi akibat resesi yang dipicu oleh virus corona.

Baca Juga: Hati-hati dengan Buruk Sangka, Karena Itu Merupakan Tipu Daya Setan

Secara keseluruhan, dolar membukukan kuartal terburuk sejak September 2017, dengan penurunan sekitar 3,5 persen karena ekspektasi untuk pemulihan yang cepat dari kejatuhan ekonomi COVID-19 membuat investor keluar dari tempat berlindung yang aman dan membeli mata uang berisiko.

Greenback tergelincir terhadap yen Jepang dan melemah terhadap mata uang yang terkait dengan risiko lebih tinggi seperti dolar Australia, Selandia Baru dan Kanada.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin bertemu pada Rabu (30/9) dalam upaya untuk menengahi kesepakatan bipartisan tentang rancangan undang-undang bantuan COVID-19 yang macet menjelang pemilu 3 November.

Baca Juga: Everton, MU dan Man City Melaju ke Babak Perempat Final Piala Liga Inggirs

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x