Sembuhkan Mel Gibson dari Covid-19, Obat Virus Remdesivir Mulai Hari Ini Beredar di Indonesia

- 1 Oktober 2020, 14:57 WIB
Ilustrasi Remdesivir.
Ilustrasi Remdesivir. /Rebel Covid-19/


GALAMEDIA - Mulai hari ini salah satu obat untuk mengobat virus corona (Covid-19) Remdesivir telah didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia.

"Mulai hari ini sudah siap. Remdesivir siap didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia," ujar Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius dalam konferensi pers peluncuran obat remdesivir Covifor, Kamis 1 Oktober 2020.

Covifor merupakan obat remdesivir versi generik yang diproduksi oleh perusahaan farmasi multinasional asal India, Hetero. Kalbe Farma bersama Amarox Pharma Global bertindak sebagai distributor obat tersebut.

Vidjongtius menyatakan pendistribusian Covifor telah mendapatkan persetujuan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Pajak Mobil Baru 0 Persen Belum Berlaku, Pedagang Mobil Bekas Lebih Dulu Turunkan Harga

"Obat ini diberi izin untuk emergency use," kata Vidjongtius.

Artinya, obat hanya akan langsung didistribusikan ke rumah sakit dan tak akan tersedia di apotek.

Remdesivir sendiri merupakan obat antivirus yang dianggap potensial untuk mengatasi infeksi virus corona. Sejumlah uji coba telah menemukan bahwa remdesivir efektif dalam mengurangi tingkat viral load pada pasien Covid-19.

Sebelumnya, remdesivir juga sempat digunakan untuk mengatasi wabah Ebola, MERS, dan SARS.

Baca Juga: Presidium KAMI Gatot Nurmantyo Dukung Jutaan Buruh Gelar Mogok Massal Nasional

Dokter spesialis paru Erlina Burhan mengatakan bahwa remdesivir bekerja dengan menghambat proses replikasi virus pada sel-sel tubuh yang diserang. Dengan cara ini, tingkat keparahan diharapkan bisa diminimalisasi.

"Obat ini kerjanya berkompetisi [dengan virus yang sudah berikatan dengan ACE-2], sehingga mencegah terjadinya proses replikasi," ujar Erlina, dalam kesempatan yang sama.

Erlina berharap, dengan masuknya remdesivir ke dalam tubuh pasien, proses sintesis dari RNA virus bisa terhambat dan tidak menimbulkan kerusakan yang lebih luas.

Baca Juga: Vanuatu Sikut Indonesia, Mahfud MD Sebut Itu Provokasi, Kami Tidak Konyol Mau Dituduh Macam-macam

"Saya menyambut gembira obat remdesivir di Indonesia. Kami [tenaga medis] sudah memasukkan remdesivir sebagai salah satu standard of care [untuk Covid-19]," kata Erlina.

Saat ini, Erlina mengatakan, Covifor akan diberikan pada pasien Covid-19 dengan gejala berat.

"Untuk [pasien Covid-19] yang berat, angka keberhasilannya tidak terlalu besar," kata dia. Remdesivir menjadi salah satu pilihan untuk mengobati pasien Covid-19 dalam kondisi kritis.

Sebelumnya artis Holywood Mel Gibson menggunakan obat ini saat menjalani perawatan. Tak lama kemudian, ia pun dinyatakan negatif Covid-19.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x