Soal Gempa Berkekuatan 8 SR dan Gunung Krakatau Meletus, Begini Respons BMKG

- 1 Oktober 2020, 15:23 WIB
PANTAUAN Gunung Anak Krakatau.
PANTAUAN Gunung Anak Krakatau. /@Sutopo_PN/


GALAMEDIA - Beberapa hari terakhir ini ramai dipesan berantai whatsapp pesan teks yang menyebutkan Gunung Krakatau bakal meletus. Seiring hal itu terjadi gempa dengan kekuatan 8 skala richter (SR).

Perihal tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun bereaksi. BMKG menyatakan pesan teks dan suara berantai di WhatsApp yang berisi informasi bahwa Gunung Anak Krakatau akan meletus adalah hoaks.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono meminta agar masyarakat tak memercayai informasi yang menyebut adanya gempa akibat letusan Gunung Anak Krakatau memiliki kekuatan M 8.

Baca Juga: Mulai Hari Ini PLN Turunkan Tarif Listrik Nonsubsidi untuk 7 Golongan

"Rekaman suara (voice note) yang menyebutkan bahwa akan ada gempa sebesar 8 skala richter (SR) yang diperkirakan melanda Lampung...... Adalah HOAX jangan dipercaya," kata Daryono di akun Twitternya, Kamis 1 Oktober 2020.

Dalam pesan teks dan suara berantai itu, seorang pria mengaku bernama Andre mengatakan akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau yang mengakibatkan gempa bermagnitudo 8.

Baca Juga: Sembuhkan Mel Gibson dari Covid-19, Obat Virus Remdesivir Mulai Hari Ini Beredar di Indonesia

Ia mengaku mendapat kabar dari Sekretaris Daerah Provinsi Lampung. Sementara Sekda Lampung mendapat data prediksi tersebut dari BMKG.

Diskominfotik Lampung pun mengkonfirmasi lewat akun Twitter resmi dan menyatakan pesan berantai itu adalah hoaks.

Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto memastikan rekaman suara ancaman gempa dan letusan Gunung Anak Krakatau adalah hoaks.

Baca Juga: Pajak Mobil Baru 0 Persen Belum Berlaku, Pedagang Mobil Bekas Lebih Dulu Turunkan Harga

Fahrizal meminta masyarakat yang mendapat rekaman tersebut di imbau tidak menyebarkannya ke orang lain untuk mencegah kepanikan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x