Beri Ucapan Selamat Datang, Viva: Secara Ideologi Politik PAN dan Partai Ummat Berbeda

- 1 Oktober 2020, 15:35 WIB
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. (lintasparlemen.com)
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. (lintasparlemen.com) /


 
GALAMEDIA - Setelah pendiri partai PAN Amien Rais mengumumkan berdirinya partai Ummat, Kamis, 1 Oktober 2020, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi memberikan ucapan selamat datang kepada Partai Ummat dalam gelanggang politik nasional Indonesia.

"PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik. Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda," kata Viva Yoga di Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.

Menurutnya, PAN berideologi Nasionalis-Relijius dan Partai Ummat itu Partai Islam sehingga perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat.

Baca Juga: Soal Gempa Berkekuatan 8 SR dan Gunung Krakatau Meletus, Begini Respons BMKG

Dia mengatakan, terkait sikap pendiri PAN Amien Rais yang mengumumkan berdirinya Partai Ummat, berarti secara resmi dan legal konstitusional Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN.

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," ujarnya seperti dilansirkan Antara.

Viva mengatakan, PAN tidak ada program khusus berkaitan dengan berdirinya Partai Ummat karena saat ini partainya tetap fokus untuk menyelesaikan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa melalui kegiatan permusyawaratan.

Baca Juga: Sembuhkan Mel Gibson dari Covid-19, Obat Virus Remdesivir Mulai Hari Ini Beredar di Indonesia

Selain itu, PAN membuat program kemanusian untuk membantu pemerintah memberantas pandemi COVID 19, menjalankan fungsi konstitusional di lembaga legislatif, termasuk fungsi kontrol dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, serta masif bergerak membangun proses perkaderan partai.

Sebelumnya pendiri PAN, Amien Rais mengumumkan nama partai politik baru yang didirikannya bernama Partai Ummat dengan tekad memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," kata Amien saat menyampaikan nama partai baru melalui saluran Youtube resminya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x