RSD Wisma Atlet Sudah Rawat Lebih dari 13 Ribu Pasien Covid-19, Tingkat Kesembuhan 75,1 persen

- 1 Oktober 2020, 19:31 WIB
Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.
Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. /Humas BNPB/

GALAMEDIA - Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta mencapai 75,1 persen.

Hal itu disampaikan Koordinator Operasional RSD tersebut, Kolonel CKM dr Stephanus Dony.

"Saat ini masih ada 2.370 pasien yang dirawat. Secara kumulatif, yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran mencapai 13 ribu lebih dan yang sudah sembuh dan dipulangkan mencapai 10 ribu lebih," ujar Dony.

Baca Juga: Anies Baswedan Terancam Dinonaktifkan Sebagai Gubernur DKI Jakarta Gara-gara PSBB

Ia menyampaikan hal itu dalam acara bincang-bincang Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia dari Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.

Dony mengatakan tingkat kesembuhan dan kepulangan pasien dari RSD di bawah koordinasinya sangat dipengaruhi oleh pola terapi yang diberikan dan hasil tes dari laboratorium bisa cepat didapatkan atau tidak.

Menurut Dony, pihaknya memiliki dua alat tes reaksi rantai polimerase (PCR) yang hasilnya bisa diketahui dalam waktu lima jam. Namun, untuk beberapa tes lainnya memerlukan waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Kesal Gara-gara Motor, Wanita Ini Laporkan Adik Kandungnya Sendiri ke Polisi

"Pemulangan pasien juga memerlukan prosedur, misalnya harus melengkapi surat-surat yang diperlukan, sehingga meskipun sudah dinyatakan sembuh tetap memerlukan waktu untuk bisa dipulangkan," terang dia dilansir Antara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x