Ditangan Amin Onderdil Bekas bisa Menjadi Lampu Hias, Penjualannya pun Hingga Italia

- 2 Oktober 2020, 13:21 WIB
Lampu hias dari onderdil bekas mobil
Lampu hias dari onderdil bekas mobil /Nazmi Syahida/job/



GALAMEDIA – Langit biru cerah menyapa hari itu, menyusuri lokasi dengan deretan sawah menemani perjalanan. Pertemuan Galamedia dengan salah satu pengrajin di Bandung, tepatnya di Komplek Bumi Bhakti Abadi, Bojongsari, Kabupaten Bandung, Jumat 2 Oktober 2020.

Memanfaatkan onderdil bekas untuk dijadikan lampu hias merupakan salah satu ide yang dicetus oleh Amin Hamidan yang dirintis dari tahun 1998. Mengawali niat dengan membedah menjadi spesialis lampu hias, lalu tahun 2000 Amin mengembangkan onderdil bekas menjadi hiasan dinding, robot-robotan, dan lainnya.

“Ciri khasnya memang dari spare part bekas, cuman sayang tidak bisa dikerjakan orang lain, karena sulit mendapatkan orang yang bisa mengerjakannya,” ucapnya.

Diakuinya sudah melatih banyak orang untuk membantunya di kerajinan ini, namun hingga kini belum ada yang bisa merangkainya menjadi sebuah karya seni.

Baca Juga: Donald Trump dan Istri Positif Covid-19, Dokter Gedung Putih Ungkap Kelangsungan Tugas Kepresidenan

Meski awalnya Amin sadari ketika memulai kerajinan ini hanya sekedar iseng-iseng saja, karena banyak spare part bekas yang dimilikinya. Setelahnya, ada yang tertarik dengan produk buatannya dan lalu membelinya, sehingga akhirnya mencoba memproduksi lebih banyak lagi.

“Ternyata ada pasarnya, cuman kepentok sumber daya manusia, jadi tidak bisa banyak,” lanjutnya.

Amin bisa membuat kerajinan ini 2-3 produk per bulannya. Ia pun mendapatkan spare part tersebut dari pengumpul-pengumpul barang bekas. Pun, tidak sulit mendapatkan spare part bekas, terhitung harian saja bisa mendapatkan beberapa ton. Seperti dari daerah Majalaya, Gede bage, Baleendah dan lainnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x